Galih Priatmojo
Penyerang Uruguay, Luis Suarez (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Bursa transfer musim panas episode 2018 tak hanya diwarnai aksi tikung menikung, tetapi juga menjulangnya nilai sejumlah pemain.

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Juventus dan hijrahnya Alisson Becker dari AS Roma ke Liverpool merupakan buktinya.

Mega bintang Real Madrid berhasil diboyong ke Juventus dengan bandrol 105 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,9 triliun. Sementara Alisson Becker didapuk sebagai kiper termahal setelah AS Roma dan Liverpool menyepakati mahar 65 juta poundsterling atau sekitar Rp 1 triliun untuk membawa kiper berpasport Brasil itu.

Baca Juga:
5 Pemain Liga Primer Inggris yang Pernah Kunjungi Baitullah

Namun, di balik kemegahan bursa transfer musim panas ini, ternyata ada sejumlah pemain bintang yang turun drastis nilainya di pasaran.

Berikut tiga pemain yang nilainya turun di bursa transfer musim ini

Karim Benzema

Baca Juga:
Cantiknya Youtuber Jerman Ini yang Cover Theme Song Asian Games

Salah satu ujung tombak Real Madrid ini tengah mengalami situasi yang kurang moncer dalam kurun beberapa tahun terakhir. Meski berhasil turut mempersembahkan berbagai trofi bergengsi bagi skuat Los Blancos, secara individu pemain berpasport Prancis ini sedang di bawah perform. Bahkan dua tahun terakhir, Benzema mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Karim Benzema. (Sumber: 101 Great Goals).

Sejak musim 2016/17 hingga saat ini pemain 30 tahun ini cuma membukukan 16 gol saja. Padahal pada dua musim sebelumnya, 2014/15 dan 2015/16 Benzema sukses membukukan 31 gol. Tak ayal dia pun dihujani dengan kritik-kritik pedas dari seluruh penjuru. Penurunan performa tersebut juga berdampak pada harga Benzema di pasaran. Nilainya di pasaran saat ini diperkirakan sekitar 40 juta euro atau sekitar Rp 671 miliar.

Gonzalo Higuain

Baca Juga:
Adu WAGs Chelsea vs Man City di Laga Community Shield 2018

Gonzalo Higuain masuk dalam skenario kembalinya Leonardo Bonucci ke Juventus dari AC Milan. Bahkan, kepergiannya menuju AC Milan menjadi tajuk utama beberapa media Italia. Salah satu yang jadi sorotan adalah harga yang dibayarkan AC Milan untuk mendapatkan tenaga Higuain.

Striker Juventus Gonzalo Higuain merayakan golnya untuk membuat skor menjadi 1-1 melawan Tottenham Hotspur. Glyn KIRK / IKIMAGES / AFP

Higuan dilepas Juventus sebagai pemain pinjaman setelah Rossonerri bersedia membayar mahar sebesar 18 juta euro atau sekitar Rp 301 miliar dengan kesempatan mempermanenkannya di musim depan ditambah biaya 36 juta euro. Jika ditotal nilai yang harus dikeluarkan AC Milan yakni sekitar 54 juta euro atau Rp 904 miliar untuk menjadikan Higuan milik mereka secara permanen.

Padahal jika dilihat dari catatan terdahulu, Higuain adalah pemain termahal ketiga pada 2016 ketika Juventus harus merogoh kocek 75,3 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Baca Juga:
Kenalin Nih 5 Atlit Cantik Indonesia yang Berlaga di Asian Games

Luis Suarez

Salah satu penyerang terbaik dalam satu dekade terakhir ini telah membukukan 25 gol bersama Barcelona di La Liga musim lalu. 

Pemain Barcelona Luis Suarez [AFP]

Namun secara mengejutkan Luis Suarez juga mengalami penurunan harga pasar yang cukup besar. Pada Juli 2017 lalu harga penyerang asal Uruguay tersebut menyentuh angka 90 juta euro atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Namun pada jendela transfer musim ini nilai jualnya mengalami penurunan 20 juta euro sehingga menjadi 70 juta euro atau menjadi Rp 1,1 triliun.

Mandulnya mantan penyerang Liverpool tersebut di Liga Champion dan Piala Dunia ditengarai menjadi penyebabnya. Belum lagi saat ini usianya sudah menginjak 31 tahun.

Load More