Galih Priatmojo
Manchester United/Instagram

Bolatimes.com - Lebih dari satu abad lamanya salah satu klub raksasa Inggris, Manchester United berdiri. Dalam perjalanannya, klub yang mulanya bernama Newton Heath LYR Football Club ini telah melewati ribuan peristiwa penting.

Berikut Bolatimes sajikan beberapa peristiwa penting seputar Manchester United yang terjadi di hari ini.

April 1909: Juara Piala FA untuk pertama kalinya

Musim 1905/06, Manchester United berhasil meraih tiket promosi ke Divisi I.

Di bawah asuhan James Ernest Mangnall, United finish di urutan kedelapan pada awal debutnya di Divisi I. Pencapaian yang cukup baik untuk sebuah tim yang baru saja promosi. Untuk memperkuat skuat, Mangnall mendatangkan The Welsh Wizard, Billy Meredith. Juga mendapatkan Sandy Turnbull, Jimmy Bannister, dan Herbert Burgess.

Musim 1907/1908 untuk pertama kalinya United meraih gelar juara liga Divisi I. Aston Villa yang menjadi rival terdekat tertinggal sembilan angka dengan sang juara.

Trofi Piala FA juga diraih untuk pertama kali di era Mangnall, yakni pada tahun 1909 setelah mengalahkan Bristol City melalui gol tunggal Sandy Turnbull.

Sandy Turnbull mampu melesakkan gol di menit ke-22 setelah memanfaatkan bola liar yang memantul dari mistar gawang Bristol City. Dengan cepat ia kemudian mencocor bola dan gol.

Bristol yang berusaha untuk mengejar ketertinggalan bermain lebih menyerang usai jeda turun minum. Namun tak ada peluang yang mampu berbuah jadi gol. Skor 1-0 untuk United bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Musim berikutnya Manchester United tidak meraih gelar apapun setelah tersisih di babak pertama Piala FA akibat kalah dari Burnley. Sementara di liga sedikit ada peningkatan dengan berada di peringkat kelima

Pencapaian juara liga akhirnya berhasil kembali diraih pada musim 1910/1911. Lagi-lagi Aston Villa menjadi pesaing terkuat yang kali ini hanya berselisih satu poin saja. Inilah gelar juara liga terakhir untuk United selama 41 tahun. Gelar liga ketiga baru di raih oleh United saat Sir Matt Busby sudah menjadi manajer klub pada musim 1951/1952.


Transfer Ruud van Nistelrooy ke Manchester pecahkan rekor Liga Premier Inggris

Pada April 2000, BBC mengabarkan bahwa Manchester United memecahkan rekor transfer di Britania dengan memboyong Nistelrooy senilai 18,5 juta poundsterling dari PSV Eindhoven. Nilai transfer Nistelrooy melampaui rekor pembelian Dwight Yorke dari Aston Villa ke MU senilai 12,6 juta poundsterling pada 1998.

Load More