Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Sadio Mane/Instagram

Bolatimes.com - Tepat hari ini, 10 April pada 25 tahun yang lalu, Sadio Mane dilahirkan. Ia merupakan pemain andalan Liverpool asal Senegal yang berhasil mencetak hattrick tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris.

Sebelumnya sedikit yang tahu, siapa itu Sadio Mane? pemain dari mana dia dan seperti apa?

Sadio Mane memulai debut profesionalnya di Metz, klub asal Perancis. Saat itu, Metz tengah berjuang di zona degradasi Ligue 2, tapi kedatangan seorang Mane pun belum membantu tim selamat dari degradasi.

Baca Juga:
Pelatih Anyar Persijap Jepara Punya Penampilan Necis

Lalu Mane diboyong oleh Red Bull Salzburg, klub asal Austria pada musim 2012/2013. Sembilan gol dalam 29 penampilan di semua kompetisi ia torehkan. Tapi itu baru permulaan. Ketajamannya makin terasah di musim berikutnya. Mane mencetak 23 gol dalam 50 pertandingan yang sekaligus membantu Salzburg meraih juara liga dan trofi Austrian Cup.

Nama Mane semakin mencuat kala ia bergabung klub Liga Primer Inggris, Southampton F.C pada musim 2013/2014. Ia berhasil mencetak 10 gol dari 30 penampilan.

Sadio Mane saat masih berseragam Southampton FC (AFP)

Pada musim 2014/2015, Mane kembali menunjukan penampilan kosistennya dengan melesatkan 11 gol dari 37 laga.

Baca Juga:
Pasangan India Ini Beri Nama Anaknya Mesut Ozil

Bahkan, pada musim itu pula Mane mengguncangkan publik sepak bola Inggris. Ya, ia mencetak hattrick tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris. Torehan tersebut ia ciptakan kala Southampton menang 6-1 atas Aston Villa di Stadion St. Mary’s, Sabtu (16/5/2015).

Mane membawa timnya unggul 3-0 hanya dalam tempo 16 menit. Dia mencetak gol pada menit ke-13, ke-14, dan ke-16. Menurut catatan BBC, dia hanya membutuhkan waktu 2 menit 56 detik untuk mencetak tiga gol tersebut.

Catatan tersebut mengalahkan rekor legenda Liverpool, Robbie Fowler yang membutuhkan waktu 4 menit 23 detik untuk mencetak hattrick ke gawang Arsenal yang saat itu dijaga oleh David Seaman.

Baca Juga:
Barcelona B Terancam Degradasi dari Kasta Kedua Liga Spanyol

Penampilan impresifnya saat itu membuat Liverpool akhirnya kepicut. Bersama The Reds, penampilan Mane semakin menunjukan tren positif. Ia berhasil mencetak 13 gol pada musim pertamanya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sadio Mane (@sadiomaneofficiel) pada

Baca Juga:
Sembilan Fakta Pekan ke-3 Liga 1 Musim 2018

Kini, pemain yang terkenal dengan kecepatannya itu masih menjadi salah satu kepercayaan pelatih Jurgen Klopp. Mane telah dipercaya tampil sebanyak 25 laga, ia pun turut menciptakan sembilan gol.

Menarik untuk disimak sepak terjang pemain 25 tahun itu ke depannya. Selamat ulang tahun ya, Sadio Mane!

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More