Irwan Febri Rialdi
Stadion Batakan. [Inibalikpapan.com]

Bolatimes.com - 3 Stadion Megah Luar Pulau Jawa yang Bisa Dipakai untuk Timnas Indonesia

Berikut tiga stadion megah yang ada di luar Pulau Jawa dan bisa digunakan Timnas Indonesia pada agenda-agenda internasional dalam waktu dekat.

Belakangan muncul kabar bahwa Timnas Indonesia akan kembali bermain di luar Pulau Jawa, yakni pada Playoff leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Brunei Darussalam.

Kabar ini sendiri diketahui dari laman resmi FIFA, di mana induk sepak bola dunia itu menyebutkan bahwa duel Timnas Indonesia vs Brunei akan digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, pada Kamis (12/10).

Tak ayal kabar ini pun menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, sebelumnya jarang skuad Garuda bermain di luar Pulau Jawa.

Dalam beberapa agenda internasional terakhir, Timnas Indonesia baik senior dan kelompok umur memang kerap bermain di berbagai stadion di Pulau Jawa.

Selain itu, kabar ini juga mendapat dukungan dari pecinta sepak bola Tanah Air yang merasa akhirnya Timnas Indonesia menyadari banyak stadion megah di luar Pulau Jawa yang bisa digunakan.

Selain Stadion Jakabaring di Palembang, tercatat masih ada beberapa stadion di luar Pulau Jawa yang juga punya label mewah dan bisa digunakan Timnas Indonesia. Stadion apa saja itu?

1. Stadion Batakan, Balikpapan

Stadion Batakan merupakan salah satu stadion megah yang ada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur dan memiliki kapasitas 40 ribu penonton.

Stadion ini sendiri dikenal sebagai salah satu stadion megah dengan standar internasional. Hal ini terlihat dari fasilitas penunjang yang modern.

Keunggulan Stadion Batakan sendiri adalah tak adanya lintasan atletik layaknya stadion di Indonesia pada umumnya. Tak ayal, stadion ini kerap digaungkan untuk menjadi venue Timnas Indonesia.

2. Stadion Utama Riau, Pekanbaru

Selain Jakabaring di Palembang, Pulau Sumatera punya stadion megah lainnya di Pekanbaru, yakni Stadion Utama Riau yang berkapasitas 44 ribu penonton.

Stadion yang dibangun pada 2009 dan berdiri pada 2012 itu merupakan salah satu stadion di Indonesia yang punya standar FIFA.

Standar FIFA yang didapatkan stadion ini tak lepas dari fasilitas serta infrastruktur penunjang yang dimilikinya. Sejauh ini tercatat Stadion Utama Riau belum pernah menjadi venue Timnas Indonesia.

3. Stadion Lukas Enembe atau Stadion Papua Bangkit

Stadion Lukas Enembe yang terletak di Pulau Papua punya label mewah dan berstandar FIFA dengan kapasitas 40 ribu penonton lebih.

Stadion yang bertempat di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura ini punya fasilitas kelas wahid dan infrastruktur penunjang yang mumpuni.

Selain stadionnya sudah berstandar FIFA, Stadion Papua Bangkit ini juga memiliki sertifikasi kelas 1 dari Federasi Atletik Dunia atau IAAF.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More