Rauhanda Riyantama
Lionel Sinathrya, putra Darius dan Donna Agnesia. (Instagram/@dagnesia)

Bolatimes.com - Berikut tiga bek yang tengah Abroad atau berkarier di luar negeri dan punya potensi untuk membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Keputusan FIFA yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 membuat Timnas U-17 pun berkesempatan tampil pada ajang ini.

Induk sepak bola dunia itu menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah, Jumat (23/6), untuk menggantikan Peru yang statusnya dicabut karena ketidaksiapan secara infrastruktur.

Baca Juga:
Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Berkah dari penunjukan ini, Timnas Indonesia U-17 pun kemudian akan berpartisipasi dan turut bertarung di Piala Dunia U-17 2023 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Karena akan berpartisipasi, Timnas Indonesia U-17 pun diharuskan mempersiapkan diri dari Juni 2023 ini agar bisa berbicara banyak di ajang kelas dunia tersebut.

Sejauh ini, PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih. Karena penunjukan itu, ia pun berhak memilih pemain yang akan diandalkannya di ajang ini.

Baca Juga:
Efek Ngamuk di Medsos, Saddil Ramdani Digoda Netizen Malaysia: Let's Go to Harimau Malaya

Diyakini, para pemain yang akan diandalkan oleh Bima Sakti adalah para pemain yang sempat ia asuh saat menjuarai Piala AFF U-16 2022 lalu.

Akan tetapi untuk level sekelas Piala Dunia U-17, Bima Sakti mendapat tekanan agar memanggil para pemain yang punya kualitas jauh lebih mumpuni, terutama untuk posisi bek tengah.

Sebab pada posisi tersebut, Bima Sakti jarang melakukan rotasi dan mengandalkan tiga pemain saja yakni Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, dan Andre Pangestu.

Baca Juga:
Marcus Gideon Cedera, Kevin Sanjaya Sukamuljo Pilih Rahmat Hidayat Jadi Tandem Baru

Demi menjaga kedalaman skuad dan menambah persaingan, tak ada salahnya Bima Sakti memanggil bek lokal yang tengah Abroad atau berkarier di luar negeri.

Siapa saja bek lokal yang tengah Abroad dan bisa menjadi opsi untuk menambah kualitas Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023?

1. Mahesa Ekayanto

Baca Juga:
4 Pemain Keturunan Grade A yang Follow Instagram PSSI, Kode Mau Dinaturalisasi?

Mahesa Ekayanto adalah bek muda keturunan Indonesia yang tengah menimba ilmu di Belanda bersama FC Dordrecht.

Ia baru bergabung FC Dordrecht usai lolos dalam trial beberapa waktu lalu. Sebagai bek tengah, ia punya postur mumpuni yakni setinggi 182 cm.

2. Lionel Sinathrya

Nama Lionel Sinathrya tentu tak asing bagi pecinta sepak bola Tanah Air, mengingat ia merupakan putra dari figur ternama yakni Darius Sinathrya.

Lionel saat ini tengah bermain di Eropa dengan menimba ilmu di PSG Academy Residential Europa. Pengalamannya yang berkiprah di Prancis itu bisa menjadi senjata bagi Timnas Indonesia U-17.

3. Daffa Zhafran

Daffa Zhafran bisa dikatakan sebagai pemain muda Versatile atau multi-posisi karena dirinya bisa bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

Saat ini, Daffa Zhafran tengah menimba ilmu di Spanyol bersama Kaptiva Sport Academy. Belum lama ini, ia dan Lionel Sinathrya sempat mengikuti ajang Mediterranean International Cup U-16 di Barcelona.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More