Husna Rahmayunita
Cek fakta Park Hang-seo gantikan Bima Sakti jadi pelatih Timnas Indonesia U-17. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Sbuah video yang narasinya menyebutkan bahwa PSSI menunjuk Park Hang-seo sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk menggantikan Bima Sakti beredar.

Narasi itu disampaikan kanal YouTube Kreator Bola melalui video yang diunggah pada Minggu (25/6/2023). Mereka menyebut bahwa PSSI secara mendadak menunjuk Park Hang-seo sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

“Bima Sakti Diganti! Park Hang Seo Mendadak Latih Timnas U-17, Ternyata Ini Alasannya,” bunyi judul yang digunakan kanal YouTube Kreator Bola dalam video yang diunggah pada Minggu (25/6/2023).

Baca Juga:
5 Pemain yang Bisa Jadi Andalan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Lalu, bagaimana sebetulnya fakta yang sesungguhnya? Benarkah Park Hang-seo ditunjuk untuk menggantikan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas U-17? Berikut Bolatimes.com menyajikan cek faktanya.

PENJELASAN

Jika menelaah ulang video unggahan Kreator Bola yang berdurasi 3:14 menit itu, sebetulnya tidak ada sama sekali penjelasan soal penunjukan Park Hang-seo sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17.

Baca Juga:
5 Pemain Bintang yang Tak Pernah Juara Liga Champions hingga Pensiun

Narator dalam video ini pada bagian awal menjelaskan bahwa penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 mendapat respons negatif dari netizen.

Oleh karena itu, narator dalam video ini berusaha memunculkan nama Park Hang-seo sebagai salah satu opsi terbaik yang bisa ditunjuk PSSI untuk mengasuh Timnas Indonesia U-17.

“Muncul kabar beredar bahwa sesungguhnya ada beberapa pelatih top dunia bahkan tim-tim juga sudah mengincarnya. Salah satunya adalah Park Hang-seo,” bunyi narator dalam video tersebut.

Baca Juga:
Kiper Keturunan Indonesia Emil Audero Mulyadi Jadi Rebutan 3 Klub Serie A Italia, Termasuk Inter Milan

“Diketahui saat ini Park Hang-seo tengah menganggur. Ini menjadi opsi bagi PSSI untuk bisa merekrutnya menjadi tim usia muda,” lanjutnya. 

“Namun sepertinya ini menjadi hal yang sangat sulit. Karena PSSI sudah memang menentukan dan juga sudah memberikan kesempatan kepada coach Bima Sakti.”

Dengan kata lain, video semacam ini hanya berusaha membahas soal cocoklogi antara status Park Hang-seo yang menganggur dengan penunjukan Bima Sakti yang mendapat sorotan dari netizen.

Baca Juga:
Pemain Terkaya Dunia, Dua Kali Lawan Persija Jakarta dengan Klub Berbeda Berakhir Kalah

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. Sebab, PSSI sama sekali tak menunjuk Park Hang-seo untuk menggantikan Bima Sakti.

Narasi semacam ini dapat dikategorikan sebagai hoax. Selain itu, ada ketidaksesuaian antara judul dengan isi konten yang disajikan. Kategori semacam ini juga bisa disebut sebagai false-connection.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More