Husna Rahmayunita
Pemain Thailand U-22 Yotsakon Burapha cetak gol kedua ke gawang Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Yotsakon Burapha, penyerang Thailand yang mampu menciptakan gol penyeimbang kedudukan ke gawang Timnas Indonesia U-22.

Nama Yotsakon Burapha sempat membuat jantung pendukung Timnas Indonesia U-22 berhenti berdetak, setelah ia mampu memaksa laga final SEA Games 2023 berlanjut ke babak extra time.

Penyerang Thailand itu mampu memaksa laga final ke perpanjangan waktu setelah mencetak gol penyama kedudukan atas Timnas Indonesia U-22 di menit ke-90+7.

Baca Juga:
Viral Jonatan Khemdee Lempar Medali Perak usai Dihajar Timnas Indonesia U-22, Auto Dirujak Netizen

Sebelumnya, skuad Garuda Muda mampu unggul dua gol di babak pertama lewat Brace yang dicetak Ramadhan Sananta di menit ke-20 dan 45+5.

Namun di babak kedua, Thailand sempat memperkecil kedudukan, yang diawali oleh gol Anan Yodsangwal di menit ke-65 lewat tandukannya.

Saat laga menyisakan hitungan detik dan diwarnai ‘prank’ wasit serta selebrasi di Bench Timnas Indonesia U-22, tiba-tiba Yotsakon Burapha mampu mencetak gol di menit ke-90+7.

Baca Juga:
Kontroversi Gol Kedua Ramadhan Sananta ke Gawang Thailand Disahkan Wasit, Begini Penjelasannya

Berawal dari tendangan bebas, ia yang ada di kotak penalti mampu menyambut bola dengan kepalanya dan mengelabui pertahanan sebelum melepaskan tembakan keras yang berujung gol.

Gol tersebut membuat bench dan para pemain Timnas Indonesia U-22 terhenyak.  Ofisial Thailand melakukan selebrasi di bench timnas, hingga memicu keributan.

Lantas siapakan Yotsakon Burapha? berikut profil dari penyerang Thailand tersebut.

Baca Juga:
5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di Final SEA Games 2023

Yotsakon Burapha merupakan calon penyerang masa depan Timnas Thailand, mengingat usianya yang saat ini masih berusia 17 tahun.

Pemain kelahiran Chanthaburi pada 8 Juni 2005 itu menjadi salah satu pemain termuda di kubu Thailand untuk SEA Games 2023 ini.

Ia sendiri merupakan pemain binaan Chonburi FC. Ia menimba ilmu di klub tersebut sejak usia muda dan menjadi bagian tim U-19 sejak awal tahun 2022.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Pemain Timnas Indonesia U-22 Tidur Nyenyak usai Duel Panas Kalahkan Thailand

Pada Agustus 2022, Chonburi FC yang menyadari potensinya pun kemudian meminjamkannya ke Samut Prakan City yang berkiprah di Thai League 2 atau kasta kedua Liga Thailand untuk musim ini.

Siapa sangka peminjaman ini berbuah manis. Pasalnya, Yotsakon mampu tampil apik dengan mencetak 7 gol dari 31 laga di Thai League 2.

Catatan apiknya itu membuat pemain berpostur 187 cm ini kemudian dipanggil ke Timnas Thailand U-22 untuk SEA Games 2023.

Siapa yang menyangka, pemanggilan ini menjadi jalan bagi Yotsakhon menunjukkan ketajamannya dan makin menegaskan dirinya sebagai penyerang masa depan Thailand.

Di SEA Games 2023 ini, Yotsakon mampu mencetak empat gol dari lima pertandingan, di mana salah satu golnya mampir ke gawang Timnas Indonesia U-22 di partai final.

Sedangkan tiga gol lainnya dicetaknya di fase grup, yakni kala mencetak satu gol ke gawang Malaysia, dan mencetak dua gol ke gawang Laos.

Golnya ke gawang Timnas Indonesia U-22 sendiri menjadi bukti bahwa Yotsakon sudah matang meski baru berusia 17 tahun.

Pasalnya, gol itu dicetak di menit-menit akhir yang membuat kedudukan menjadi seimbang dan memberikan harapan bagi Thailand di final SEA Games

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More