Husna Rahmayunita
Jonathan Khemdee diduga lempar medali perak SEA Games 2023. (Tiktok/@greenmatchaa24)

Bolatimes.com - Tingkah bek Thailand U-22 Jonathan Khemdee jadi sorotan saat pertandingan final SEA Games 2023 lawan Timnas Indonesia U-22, Selasa (16/5/2023).

Jonathan Khemdee kerap memancing emosi para pemain Timnas Indonesia U-22. Ia pun diganjar kartu merah oleh wasit saat perpanjangan waktu yang membuat Thailand kembali harus kehilangan pemain.

Thailand keluar sebagai runner up setelah dilibas Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dengan skor 5-2 dalam perebutan emas SEA Games 2023 di Olympic Stadium.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Juara SEA Games 2023, Presiden Jokowi Puji Mental Garuda Muda

Kekalahan itu membuat tim Gajah Perang kecewa. Beredar video yang menampilkan sosok Jonathan Khemdee menunjukkan gesture melempar medali perak dan boneka maskot SEA Games 2023 ke penonton.

Akun TikTok greenmatchaa24 menampilkan prosesi penyerahan medali perak untuk pemain Thailand setelah kalah dari Timnas Indonesia U-22.

 

Baca Juga:
Respons Kocak Asnawi Mangkualam usai Dicaci Netizen yang Mengira Dirinya Tampil di Final SEA Games 2023

Jonathan Khemdee mulanya terlihat enggan mengambil medali perak yang dibawa oleh panitia. Ia hanya mengambil boneka maskot SEA Games 2023.

Namun, dia akhir video, pemain blasteran Dermark itu justru menunjukkan sikap tak biasa. Ia mendekat ke arah tribune lalu melemparkan maskot dan medali perak ke arah penonton.

"Saya tidak tahu siapa Anda, tetapi tindakan Anda tidak sopan. Harap hormati kami sebagai tuan rumah. Saya tidak tahu siapa kamu. Tapi tindakanmu tidak sopan. Tolong hormati kami sebagai tuan rumah," tulis narasi greenmatchaa24.

Baca Juga:
Pelatih Thailand Kecewa Berat Dibungkam Timnas Indonesia U-22, Sebut Bukan Pertandingan Sepak Bola

Kontan saja, ulah Jonathan Khemdee dikomentari beragam netizen. Banyak yang memberikan kecaman.

"Kalah kok ngamuk," kata kopi****.

"Jiah ngambekan," timpal neng**.

Baca Juga:
Kronologis Kericuhan di Final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Awalnya Dipicu Hal Ini

"Kasihan teman setim padahal untuk juara 2 butuh perjuangan," tulis nab***.

"Arogan banget, kalah mental," sahut held***.

Sebelum laga lawan Timnas Indonesia U-22, Jonathan Khemdee juga jadi bahasan setelah mendadak mengumumkan pensiun.

"Final SEA Games ke-32 akan jadi pertandingan terakhir saya bersama timnas Thailand. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang saya dapat selama ini. Saya berharap bisa meraih medali emas dan bermain bagus di pertandingan terakhir bersama tim nasional," tulisnya di media sosial.

Load More