Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta (kedua kanan) berebut bola di udara dengan pesepak bola Timnas Thailand Jonathan Khemdee (kanan) saat pertandingan Final Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.

Bolatimes.com - Akun Instagram Federasi Sepak Bola Thailand memberikan respons tak terduga usai kekalahan timnya atas timnas Indonesia U-22 di final SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023).

Final SEA Games 2023 berlangsung dramatis. Awalnya timnas Indonesia U-22 mampu unggul dua gol lebih dulu berkat brace Ramadhan Sananta.

Akan tetapi, Thailand berhasil menyusul atau comeback. Bahkan tim Gajah Perang muda itu menyamakan kedudukan secara dramatis jelang berakhirnya babak kedua.

Baca Juga:
Profil Jesus Casas, Pelatih Timnas Irak yang Remehkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Sempat terjadi kericuhan di pinggir lapangan usai Thailand mencetak gol penyeimbang. Pada akhirnya pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Di perpanjangan waktu, timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil unggul lagi. Adalah Irfan Jauhari yang berhasil menjebol gawang lawan.

Keributan di pinggir lapangan terjadi lagi saat Jauhari melakukan selebrasi. Laga sempat terhenti karena insiden tersebut.

Baca Juga:
Ragnar Oratmangoen Buka-bukaan Masih Berhasrat Bela Timnas Indonesia, Jadi Amunisi Baru di Piala Asia 2023?

Wasit pemimpin pertandingan pun memberikan banyak kartu merah terhadap staf pelatih dari kedua tim. Bahkan dua pemain, yaitu Komang Trisnanda serta kiper Thailand ikut diusir dari lapangan karena terlibat baku hantam,

Di masa extra time, Thailand juga harus bermain dengan delapan pemain karena tiga orang mendapatkan kartu merah dari wasit. Pada akhirnya Garuda Muda menang dengan skor 5-2 berkat tambahan gol Fajar Fathur Rahman serta Beckham Putra.

Usai pertandingan selesai, akun Instagram Federasi Sepak Bola Thailand atau Changsuek membuat unggahan tak terduga. Mereka memberikan selamat dan mengaku respek dengan timnas Indonesia U-22.

Baca Juga:
8 Pemain Top Dunia yang Penampilannya Paling Dinanti di Piala Asia 2023

Akun Federasi Sepak Bola Thailand beri selamat Indonesia, tapi malah dihapus. (Instagram/changsuek)

"Selamat Indonesia dengan semua respek yang ada," tulisnya dalam narasi postingan.

Unggahan tersebut sempat banjir komentar dari netizen Indonesia yang menyebut para pemain serta staf dari Thailand tidak memperlihatkan respek yang ada di pertandingan. Ramai dengan komentar dari warganet, postingan itu kini terpantau dihapus.

Sementara itu, timnas Indonesia U-22 akhirnya bisa meraih medali emas di cabor sepak bola putra SEA Games 2023. Ini menjadi penantian panjang karena terakhir Garuda Muda berhasil meraih medali emas sejak 32 tahun lalu.

Baca Juga:
CEK FAKTA: PSSI Kebut Naturalisasi Tijjani Reijnders Demi Lawan Jepang di Piala Asia 2023

Load More