Irwan Febri Rialdi
Vladimir Smicer menunjukkan slip kertas RSC Anderlecht selama pengundian babak 16 besar turnamen sepak bola Liga Konferensi UEFA 2022-2023 di Nyon, pada 24 Februari 2023. (Fabrice Coffrini/AFP)

Bolatimes.com - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Sandy Walsh, sukses mencatatkan kontribusi yang besar di balik kemenangan KV Mechelen saat menghadapi Anderlecht pada lanjutan Liga Belgia 2022/2023.

Pada pertandingan yang berlangsung di Lotto Park, KV Mechelen sukses menang tipis dengan skor 3-2 atas Anderlecht. Sandy Walsh pun menyumbangkan satu assist pada pertandingan ini.

Momen tersebut tepatnya terjadi pada menit ke-40. Gol yang dicetak oleh Rob Schoofs ini bermula dari umpan tarik Sandy Walsh yang dikirimkan ke area kotak penalti.

Baca Juga:
Sandy Walsh dan Shayne Pattynama Kompak Bikin Assist, Timnas Indonesia Bisa Makin Ngeri

Bola yang sukses disambar oleh Rob Schoofs pun tak mampu dijangkau oleh penjaga gawang Anderlecht. Ini menjadi gol pertama Rob Schoofs pada pertandingan ini.

Sebab, tiga menit berselang, atau tepatnya pada menit ke-43, dia kembali mencatatkan namanya di papan skor. Adapun satu gol lainnya dicetak oleh David Bates (81’).

Kemenangan ini tentu terasa spesial bagi KV Mechelen. Selain karena sukses menumbangkan tim raksasa sekelas Anderlecht, mereka juga sukses mengakhiri tren lima laga sebelumnya yang tak pernah menang.

Baca Juga:
Tak Disangka Striker Singapura Dukung Marselino Ferdinan yang Akan Bela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Profil Anderlecht

Royal Sporting Club (RSC) Anderlecht merupakan salah satu klub tersukses yang pernah tercatat dalam sejarah sepak bola Belgia. Klub ini sudah lahir sejak 27 Mei 1908. Artinya, umurnya sudah mencapai 114 tahun.

Anderlecht berbasis di Ibu Kota Belgia, Brussels. Mereka tercatat sebagai klub tersukses Belgia di kompetisi Eropa dengan meraih total lima trofi sepanjang sejarahnya.

Baca Juga:
Coret Dony Tri Pamungkas dan Pilih Pemain Jebolan Liga 2, Indra Sjafri Ungkap Alasannya

Tak hanya itu, di level domestik, mereka juga punya sejarah mentereng. Sebab, sampai saat ini sudah ada 34 gelar juara yang sukses diamankan oleh klub dengan warna kebesaran ungu dan putih ini.

Selain itu, sejauh ini juga sudah ada sembilan gelar Piala Belgia. Mereka pun memegang rekor sebagai klub Belgia yang sukses meraih gelar juara secara berturut-turut.

Prestasi itu dicatatkan pada medio 1963-1964 hingga 1967-1968 saat Anderlecht merengkuh lima trofi juara Liga Belgia secara beruntun.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-22 vs Filipina di SEA Games 2023, Tinggal Menghitung Hari

Sejak dibentuk pada 1908, Anderlecht untuk pertama kali mencapai kompetisi kasta teratas di Liga Belgia pada 1921-1922. Mereka pun sudah bermain di level ini secara rutin sejak 1935/1936.

Anderlecht juga tak pernah berada di luar peringkat enam besar klasemen akhir Liga Belgia, kecuali pada musim 2019/2020 saat mereka duduk di urutan kedelapan.

Menurut catatan sejarah, Anderlecht pernah bermarkas di Astrid Park pada awal 1917. Namun, kini mereka menggunakan stadion bernama Lottp Park.

Sebelumnya, stadion ini bernama Constant Canden Stock Stadium yang dibuka pertama kali pada 1983 untuk menggantikan Emile Verse Stadium.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More