Rifqu Khanif
Fakta pemain naturalisasi Timnas Indonesia di laga melawan Filipina. (pssi.org)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia meraih satu poin di Stadion Rizal Memorial, Manila, Selasa malam, (21/11). Satu poin didapat berkat menahan imbang 1-1 Filipina.

Mulanya, anak asuh Shin Tae-yong tertinggal di babak pertama, namun setelah turun minum, Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan.

Di pertandingan melawan Filipina, Shin Tae-yong tidak menurunkan semua pemain naturalisasi yang ia bawa.

Baca Juga:
Jago Kandang Menjadi Alasan Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Berpeluang Lolos ke Putaran Ketiga

Tercatat hanya empat pemain yang Shin Tae-yong turunkan, dan satu lainnya duduk di bangku cadangan. Sejumlah fakta menarik dari pemain naturalisasi pun hadir di pertandingan Timnas vs Filipina.

Lima pemain naturalisasi yang dibawa oleh Shin Tae-yong adalah Marc Klok, Jordi Amat, Sandy Walsh, Rafael Struick dan Shayne Pattynama.

Fakta 5 pemain naturalisasi Timnas Indonesia saat lawan Filipina:

Baca Juga:
Kata Pelatih Persib Bojan Hodak Soal Nasib Levy Madinda dan Tyronne del Pino: Harap-harap Cemas!

Jordi Amat

Jordi Amat menjadi salah satu pemain yang dibawa Shin Tae-yong di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F. Bek yang bermain bersama Johor Darul Takzim FC bahkan turun sebagai starter di dua laga menghadapi Irak dan Filipina.

Namun, fakta menarik dibuat Jordi Amat ketika melawan Filipina. Pertama dia tampil sebagai bek tengah, lalu gol Filipina tercipta usai Jordi melakukan blunder.

Baca Juga:
Hasil dan Jadwal Piala Dunia U-17: Maroko Menang Dramatis, Argentina Pesta Gol, Dua Tiket Tersisa

Jordi ditarik pada menit ke 90+3, digantikan oleh Arkhan Fikri. Pertandingan melawan Filipina menjadi penampilan ke-10 bek asal Johor Darul Takzim FC.

Rafael Struick

Rafael Struick merupakan pemain keturunan yang dinaturalisasi oleh PSSI. Ia tampil sebagai starter ketika melawan Filipina. Shin Tae-yong memasangnya sebagai striker tunggal.

Baca Juga:
Piala Asia 2023: Qatar Donasikan Penjualan Tiket Pertandingan untuk Palestina

Penyerang asal Ado Den Haag bermain selama 90+3 menit, ia diganti oleh Hokky Caraka. Rafael Struick melakukan dua percobaan yang mengancam gawang lawan, satu di antaranya on target. Pertandingan melawan Filipina mencatatkan dirinya sudah tampil 4 kali bersama Timnas.

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama pemain asal Viking FK tampil sebagai starter ketika melawan Filipina. Ia menjadi bek kiri pilihan Shin Tae-yong. Praktis selama 45 menit pertama, dia terlihat bolak-balik membantu pertahanan dan penyerangan.

Pemain asal Viking FK ini ditarik keluar pada menit ke- 46. Shayne usai tampil lawan Filipina mencatatkan 5 kali penampilannya.

Sandy Walsh

Sandy Walsh turun sebagai pemain utama ketika lawan Filipina. Ia dipasang sebagai bek kanan, yang sebelumnya ditempati oleh Asnawi Mangkualam. 

Pemain asal KV Mechelen ini ditarik keluar sebelum turun minum babak pertama, tepatnya pada menit ke-30, diganti oleh Witan Sulaeman. Meski demikian, usai laga lawan Filipina, Sandy menambah koleksi penampilannya dengan Timnas, jadi 4 kali.

Marc Klok

Marc Klok salah satu pemain naturalisasi yang dibawa oleh Shin Tae-yong, namun pemain asal Persib Bandung ini tidak diturunkan sama sekali.

Padahal jauh sebelum laga lawan Filipina. Marc Klok selalu turun sebagai starter maupun pemain pengganti.

Load More