Irwan Febri Rialdi
FIFA meluncurkan logo resmi Piala Dunia U-20 2023 tepat pada HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Turnamen itu akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. (ANTARA/HO/PSSI)

Bolatimes.com - Logo resmi ajang Piala Dunia U-20 2023 akhirnya resmi dirilis oleh PSSI dan FIFA. Berikut penjelasan mengenai makna di balik logo tersebut.

Sebelumnya, peluncuran logo resmi Piala Dunia U-20 2023 itu bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-77, yakni pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Logo Piala Dunia U-20 2023 ini diharapkan mampu menangkap energi yang menggetarkan dari kejuaraan yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 ini.

Dari penjelasan PSSI, warna merah dan putih dalam logo ini terinspirasi dari warna bendera nasional Indonesia. Sementara itu, aksen biru kehijauan mewakili laut yang mempesona.

Adapun pola arus yang mengalir ini mewakili kepulauan, sedangkan mahkota lambang mewakili Hasrat global untuk permainan yang populer di berbagai benua.

Peluncuran logo Piala Dunia U-20 2023 ini memberikan gambaran sekilas kepada penggemar serta pemain di seluruh dunia tentang harapan di tahun mendatang.

Sebab, para peserta maupun penggemar akan menjelajahi semangat, warna, keragaman, dan semangat perayaan dari sebuah kompetisi yang berlangsung di jantung Asia Tenggara.

Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza, turut memberikan tanggapannya terkait peluncuran logo resmi Piala Dunia U-20 2023 yang baru saja diluncurkan tersebut.

“Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di Indonesia, dan peluncuran lambang resmi merupakan tonggak yang menarik dalam perjalanan ini" ujar Jaime Yarza seperti dilansir dari pssi.org.

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia di tahun-tahun mendatang.”

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga menyebut alasan mengapa peluncuran logo resmi Piala Dunia U-20 2023 ini dilakukan pada perayaan HUT RI ke-77.

“Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” kata Iriawan.

“Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola,” ia melanjutkan.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More