Rauhanda Riyantama
Starting XI Timnas Indonesia U-16 saat melawan Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Indonesia mencatatkan sejarah sebagai negara ASEAN atau Asia Tenggara pertama yang akan tampil di tiga event bentukan FIFA, yakni Piala Dunia senior, Piala Dunia U-20, dan Piala Dunia U-17.

Sejarah ini akan tercipta dalam waktu dekat, tepatnya pada November mendatang, saat Piala Dunia U-17 2023 digelar di Indonesia.

Piala Dunia U-17 2023 akan digelar di Indonesia setelah FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah pada April 2023 lalu dan memberikannya kepada Tanah Air pada Jumat (23/6) kemarin.

Baca Juga:
Momen Nyeleneh Marselino Ferdinan saat Latihan Perdana dengan KMSK Deinze, Outfit yang Dikenakan Jadi Sorotan

Diberikannya status tuan rumah oleg FIFA membuat Indonesia pun akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 2023 lewat Timnas U-17.

Kesertaannya itu membuat Indonesia mencetak rekor sebagai negara ASEAN pertama yang pernah dan akan tampil di tiga event bikinan FIFA, yakni Piala Dunia, Piala Dunia U-20, dan Piala Dunia U-17.

Indonesia pertama kali berpartisipasi di ajang bentukan FIFA yakni di ajang Piala Dunia pada masa sebelum kemerdekaan, tepatnya pada edisi 1938 saat masih bernama Hindia Belanda.

Baca Juga:
Mees Hilgers Ketahuan Follow Instagram PSSI, Berubah Pikiran Mau Dinaturalisasi?

Di Piala Dunia 1938 yang berlangsung di Prancis itu, Hindia Belanda atau Indonesia berhasil lolos karena Jepang selaku lawannya di babak kualifikasi undur diri.

Usai Jepang undur diri, Timnas Indonesia yang dikapteni Achmad Nawir pun tampil di babak pertama dengan menghadapi Hungaria, yang berakhir denga kekalahan 0-6.

Setelah Indonesia merdeka, skuad Garuda pun sempat berpartisipasi di event bikinan FIFA lainnya yakni Piala Dunia U-20 1979 atau saat itu bernama Piala Dunia Remaja yang digelar di Jepang.

Baca Juga:
22 Tim yang Sudah Lolos ke Piala Dunia U-17 2023, Tersisa Dua Tempat dari Asia

Saat itu, Timnas Indonesia U-20 arahan Soetjipto Soentoro tergabung di grup B bersama Argentina yang dihuni Diego Maradona, Yugoslavia, dan Polandia.

Melawan tim-tim berat itu, Timnas Indonesia U-20 gagal meraih kemenangan satupun dan menjadi juru kunci grup B dengan kebobolan total 16 gol.

Kini di tahun 2023 ini, Timnas Indonesia U-17 akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 2023 dengan status sebagai tuan rumah.

Baca Juga:
6 Pemain Asal Afrika yang Pernah Raih Treble, Terkini Riyad Mahrez

Bakal tampilnya Timnas U-17 di ajang itu membuat Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang tampil di tiga ajang bikinan FIFA tersebut.

Catatan ini tak mampu disamai oleh negara-negara kuat Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, ataupun Malaysia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More