Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Italia U-20 Cesare Cisadei. (Instagram/_cesarecasadai_).

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Italia U-20, Cesare Cisadei, sukses mendapatkan hiburan saat timnya kalah dari Timnas Uruguay U-20 dengan skor 0-1 pada laga final Piala Dunia U-20 2023.  

Kekalahan tipis ini memang mengubur impian Cesare Cisadei untuk membawa Timnas Italia U-20 meraih trofi Piala Dunia U-20 2023. Namun, dia setidaknya bisa menutupi kesedihannya ini dengan dua penghargaan sekaligus.

Sebab, Cesare Cisadei sukses menyabet dua penghargaan individu, yakni gelar Golden Ball sebagai Pemain Terbaik dan Golden Boot karena berhasil menjadi Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Kibarkan Bendera Indonesia usai Bantu Almere City Promosi, Pemain Keturunan Tebar Kode Ingin Dinaturalisasi PSSI?

Sepanjang kejuaraan ini, gelandang berusia 20 tahun itu memang tampil produktif bersama Timnas Italia U-20. Dia berhasil membukukan total tujuh gol dan melambungkan namanya sebagai top scorer.

Sejak fase grup, dia memang sudah tampil gacor. Sebab, ada dua gol yang dicetak ke gawang Brasil saat Italia menang 3-2. Dua gol lainnya dibukukan ketika Italia menang 3-0 atas Republik Dominika.

Tiga gol lainya masing-masing tercipta pada laga 16 besar melawan Inggris, babak perempat final menghadapi Kolombia, dan fase semifinal melawan Korea Selatan.

Baca Juga:
Profil Alberto Rodriguez, Pemain Asal Spanyol yang Jadi Bek Baru Persib Bandung

Profil Cesare Cisadei

Sebagai informasi, Cesare Cisadei merupakan pesepak bola kelahiran Ravenna, Italia, pada 10 Januari 2003. Karier sepak bolanya dimulai bersama sejumlah klub seperti Cervia hingga Cesena.

Pada tahun 2018, Cisadei mendapatkan kesempatan berharga untuk menimba ilmu bersama Inter Milan. Saat usianya baru menginjak 17 tahun, dia sudah bermain untuk Tim U-19.

Baca Juga:
Usai Jalani Pemusatan Latihan Timnas Indonesia, Dimas Drajad Sebut Kata 'Gak Bahaya Ta', Ini Alasannya

Pada Oktober 2021, The Guardian mencantumkan namanya sebagai daftar pemain yang masuk “Next Generation” di antara wonderkid kelahiran 2003 yang bakal menjadi bintang di masa depan.

Setelah empat tahun bersama Inter Milan, dia memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea pada 19 Agustus 2022. Saat itu, dia mendapatkan kontrak berdurasi enam tahun.

Di usianya yang masih sangat muda, Cisadei pun harus melewati masa peminjaman bersama klub kasta kedua Liga Inggris, Reading. Sejauh ini, ia sudah tampil 15 kali dan menyumbang satu gol.

Baca Juga:
2 Pemain Ulsan Hyundai Dituduh Berkomentar Rasis, Nama Pesepak Bola dari Asia Tenggara Ikut Terseret

Pemain berusia 20 tahun ini sudah mewakili semua kelompok usia junior Timnas Italia. Mulai dari U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, hingga U-21. Salah satu kiprahnya ialah membawa Italia U-19 lolos semifinal Euro U-19 2022 di Slovakia.

Pada 19 November 2022, Cisadei pernah dipanggil pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini. Saat itu, dia disebut-sebut sebagai salah satu talenta muda paling menjanjikan di masa depan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More