Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timor Leste dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia mendapatkan sejumlah keuntungan saat berjumpa tim-tim asal Asia Barat di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sejumlah negara Asia Barat yang akan dihadapi timnas Indonesia di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 ialah Yordania dan Kuwait.

Selain dua negara Asia Barat itu, satu lawan lainnya yang juga akan dihadapi timnas Indonesia di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 ialah Nepal.

Baca Juga:
Video Rodri Sentuh Bola di Kota Penalti tapi Tak Handball, Man City pun Menang

Saat menghadapi dua negara Asia Barat itu, timnas Indonesia sebetulnya memiliki sejumlah keuntungan tersendiri.

Berikut Bolatimes.com menyajikan 5 keuntungan yang dimiliki Indonesia saat menghadapi Yordania dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

1. Sejarah Piala Asia 2004

Baca Juga:
Deretan Pemain Bintang Yordania yang Berpotensi Sulitkan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia memiliki catatan bagus ketika terakhir kali lolos ke putaran final Piala Asia 2004. Saat itu, skuad Garuda berstatus sebagai tuan rumah.

Mereka harus bersaing dengan Arab Saudi, Yaman, dan Bhutan. Kondisi ini serupa dengan Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebab, Arab Saudi dan Yaman juga berasal dari Asia Barat, seperti dengan Yordania dan Kuwait. Adapun Bhutan dan Nepal sama-sama berasal dari Asia Selatan.

Baca Juga:
Egy Maulana dan Witan Sulaeman Duet, FK Senica Petik Kemenangan di Liga Slovakia

Saat itu, Indonesia sukses mengakhiri persaingan di peringkat kedua di bawah Arab Saudi dan lolos ke putaran final Piala Asia 2004.

2. Ajang Pemanasan

Kualifikasi Piala Asia 2023 menjadi keuntungan besar untuk timnas Indonesia apabila nantinya sukses melaju ke putaran final.
Sebab, skuad Garuda berpotensi melawan tim-tim kuat Asia seperti Arab Saudi, Lebanon, hingga Iran, jika lolos ke putaran final.

Baca Juga:
Prediksi Line Up Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Lini Belakang Full Naturalisasi

3. Balas Dendam

Timnas Indonesia memiliki peluang berharga untuk membalaskan dendamnya atas Yordania dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebab, timnas Indonesia tak pernah mampu mencatatkan hasil apik saat berjumpa kedua tim tersebut.

Dari empat laga kontra Yordania, skuad Garuda selalu kalah. Sedangkan melawan Kuwait, timnas Indonesia terakhir menang pada 1980.

Setelah itu, dalam total lima pertemuannya dengan Kuwait, Indonesia hanya mampu meraih tiga kali imbang dan dua laga lainnya kalah.

4. Faktor Pengalaman Shin Tae-yong

Rekor pertemuan memang tak dimiliki oleh timnas Indonesia saat berjumpa Yordania. Namun, Shin Tae-yong bakal menjadi faktor penentu.

Sebab, Shin pernah menumbangkan Yordania saat masih menangani Korea Selatan U-23, yakni pada babak perempat final Piala Asia U-23 2016.

Tentu, ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia karena pelatih asal Negeri Ginseng itu punya strategi jitu untuk menumbangkan tim lawan.

5. Dongkrak Peringkat FIFA

Gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023 tak hanya menjadi jalan timnas Indonesia untuk tampil di putaran final, tetapi juga bermanfaat untuk mendongkrak rangking FIFA.

Sebab, dua lawan yang akan dihadapi di Grup A, yakni Yordania dan Kuwait, saat ini memiliki peringkat yang lebih tinggi.

Yordania saat ini duduk di peringkat 90, sedangkan Kuwait berada di posisi 143. Jika mampu menang atas keduanya, posisi Indonesia di peringkat FIFA akan terdongkrak.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More