Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, pada laga melawan Thailand di semifinal Piala AFF 2020. (Dok. Soha)

Bolatimes.com - Rekor tak pernah terkalahkan yang dicatatkan timnas Vietnam selama berada di bawah asuhan pelatih Park Hang-seo selama berjumpa tim-tim asal Asia Tenggara akhirnya dipatahkan Thailand.

Pada pertandingan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (23/12/2021) itu, timnas Vietnam akhirnya ditumbangkan Thailand dengan skor 0-2.

Dua gol yang dicetak timnas Thailand ke gawang tim asuhan Park Hang-seo ini seluruhnya diborong oleh Chanathip Songkrasin pada menit ke-14 dan 23’.

Baca Juga:
Mata Melotot, Kapten Timnas Vietnam Nyaris Baku Bantam Vs Pelatih Thailand

Kemenangan ini semakin membuka jalan bagi skuad Gajah Perang untuk melenggang ke babak semifinal Piala AFF 2020. Mereka hanya butuh hasil imbang atau kalah maksimal dengan satu gol saat tampil pada laga leg kedua melawan Vietnam.

Di sisi lain, kekalahan ini menjadi yang pertama bagi timnas Vietnam selama diasuh oleh Park Hang-seo sejak pertama kali menjabat pada 29 September 2017.

Sebab, sejak saat itu, Park Hang-seo sukses membawa skuad The Golden Star, julukan timnas Vietnam, tampil tak terkalahkan ketika berjumpa tim-tim asal Asia Tenggara.

Baca Juga:
Tak Ada Aturan Gol Tandang, Ini Cara Timnas Indonesia agar Lolos ke Final

Rekor itu dicatatkan pelatih asal Korea Selatan itu saat tampil di ajang Piala AFF maupun ajang-ajang lainnya.

Pada pertandingan terakhirnya sebelum berjumpa Thailand, yakni ketika menghadapi Kamboja pada duel pamungkas Grup B Piala AFF 2020, Vietnam sukses melalui 34 pertandingan bersama Park Hang-seo tanpa kekalahan.

Sayangnya, rekor itu kandas di tangan Thailand. Kekalahan 2-0 ini juga menjadi kebobolan pertama yang dicatatkan Vietnam pada ajang Piala AFF 2020.

Baca Juga:
Merendah usai Bawa PSIM ke Semifinal, Seto Nurdiyantoro: Kami Beruntung

Kini, nasib tim yang berstatus sebagai juara bertahan Piala AFF 2018 itu berada di ujung tanduk. Sebab, kans mereka untuk mempertahankan gelar juaranya semakin menipis.

Sejauh ini, Vietnam memang dikenal sebagai tim yang tampil superior di kawasan Asia Tenggara. Itu juga terbukti dengan catatan mereka di Piala AFF 2020.

Pada saat melakoni babak penyisihan Grup B, misalnya, Vietnam sukses menghajar seluruh lawan-lawannya. Hanya Indonesia yang gagal dikalahkan anak asuh Park Hang-seo karena laga berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga:
Sempat Sombong, Vietnam Dibungkam Thailand 2-0 di Semifinal Piala AFF 2020

Sementara itu, tiga kontestan lainnya di Grup B menjadi bulan-bulanan Vietnam. Mereka adalah Laos (2-0), Malaysia (3-0), dan Kamboja (4-0).

Namun demikian, semua rekor itu akhirnya kandas setelah skuad Gajah Perang berhasil tampil impresif untuk menjungkalkan Vietnam.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More