Irwan Febri Rialdi
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, buka suara mengenai kemungkinan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan. Bagi dirinya, rencana itu sulit dilakukan.

Sebelumnya beredar kabar bahwa manajer pelatih Shin Tae-yong ingin memboyong skuat Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan untuk melakukan TC. Alasannya adalah Korea Selatan, negara asal Shin Tae-yong terbilang aman dari wabah corona.

Keinginan Shin itu disampaikan langsung olehnya kepada media Korea Selatan, Yonhap. Kepada media tersebut, juru taktik berusia 49 tahun itu mengaku akan berbicara kepada PSSI mengenai rencana ini.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Dini Hari Nanti: Big Match Manchester City Vs Arsenal

Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Indra Sjafri mengaku belum mendengar kabar tersebut. Menurutnya, dalam situasi saat ini harus sangat hati-hati menggelar TC tim nasional.

"Melihat kondisi pandemi yang seperti ini, kita harus sangat berhati-hati mencari tempat pemusatan latihan," kata Indra Sjafri saat dihubungi.

"Kalau berpindah Negara dengan jumlah pemain dan ofisial yang banyak akan sulit dilakukan," tambah mantan pelatih Bali United itu.

Baca Juga:
Mengenang Achmad Nawir, Pemain yang Dijuluki Edgar Davids-nya Indonesia

Lebih lanjut, Indra berharap TC Timnas Indonesia U-19 bisa dilakukan di Tanah Air, tepatnya di Jakarta. Pasalnya, PSSI ingin Shin Tae-yong juga mempersiapkan tim nasional senior.

Ini sesuai dengan hasil pertemuan virtual perwakilan PSSI dengan Shin Tae-yong beberapa waktu lalu. Di mana Shin sebelumnya diklaim PSSI setuju akan datang ke Indonesia pada bulan Juli untuk memulai persiapan menggelar TC dua tim nasional.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan bertarung di Piala Asia U-19 2020 pada 14-31 Oktober mendatang. Adapun Timnas senior akan bertanding di tiga laga sisa putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga:
Cedera Bikin Fernando Muslera Rayakan Ulang Tahun di Rumah Sakit

Timnas akan melawan Thailand (8 Oktober), Uni Emirat Arab (13 Oktober), dan Vietnam (12 November). Selain itu, timnas senior akan ikut serta di kejuaraan Piala AFF 2020 yang dimulai pada 23 November mendatang.

"Maka dari itu kita dari PSSI berharap bisa menggelar TC di Jakarta. Sekaligus Coach Shin mempersiapkan TC tim senior juga," pungkas pelatih asal Sumatera Barat itu.

Penulis: Adie Prasetyo

Baca Juga:
Eks Kiper PSIM Yogyakarta Ditemukan Meninggal di Kamar Mandi

Load More