Rauhanda Riyantama
Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Kapolda DIY) Irjen Pol Ahmad Dhofiri. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Bolatimes.com - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengimbau agar suporter Persebaya Surabaya, Bonek, untuk tidak memaksa datang ke Stadion Maguwoharjo, Sleman. Polisi menilai, kehadiran Bonek berpeluang membuat situasi daerah hukum Yogyakarta tak kondusif. Dengan demikian polisi akan melakukan penyisiran dan memulangkan suporter Persebaya ke Surabaya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, puluhan Bonek diamankan aparat pada Jumat (12/7/2019). Dari puluhan Bonek yang diamankan, sebagian dari mereka membawa senjata tajam dan juga sejumlah benda berbahaya.

Kehadiran Bonek di Yogyakarta itu sendiri guna menyaksikan tim kesayangan mereka, Persebaya, berhadapan dengan PSS Sleman, Sabtu (13/7/2019).

Baca Juga:
Tak Laku-laku, Christian Eriksen Indikasikan Bertahan di Tottenham

"Kehadiran Bonek bisa mengundang kerawanan. Panitia Pelaksana (Panpel) tidak menyediakan tiket untuk Bonek, dan mengacu kejadian-kejadian yang lalu juga banyak kejadian," kata Ahmad Dofiri di Sleman.

Kepolisian Resor Kota Yogyakarta mengamankan puluhan suporter Persebaya Surabaya yang dikenal sebagai "Bonek Mania" di Mapolresta Yogyakarta, Jumat. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Menurut dia, jika Bonek tetap memaksakan datang ke Stadion Maguwoharjo justru akan mengundang kerawanan karena tidak bisa masuk stadion.

"Bagaimanapun juga mengundang kerawanan, karena mereka tidak bisa nonton di dalam stadion, lalu mereka mau kemana," katanya.

Baca Juga:
Dua Klub Ini Jadi Alasan Rashford Ulang Kejayaan Man United

Ia mengatakan, pihaknya memilih untuk melakukan antisipasi dari awal dengan melakukan penyisiran para Bonek yang sudah tiba di Yogyakarta.

"Kami sudah sisir, dan kami juga kerja sama dengan Polda Jatim dan Jateng. Bonek yang datang juga langsung kami pulangkan," sambungnya seperti dikutip Antara.

Kapolda DIY menegaskan akan menerjunkan 2.000 personel untuk mengamankan pertandingan yang digelar pada Sabtu malam dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:
Bakal Reuni dengan Rio Ferdinand, Legenda Arsenal Ini Gabung BT Sport

Load More