Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-16 Komang Teguh Trisnanda (kedua kiri) berebut bola dengan tiga pesepak bola Australia pada pertandingan perempat final Piala AFC U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10). (ANTARA FOTO/HO/AFC)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Australia U-16, Trevor Morgan, merasa beruntung bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-16 pada babak delapan besar Piala Asia U-16 2018, sementara pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini tetap merasa bangga dengan Garuda Asia.

Australia berduel dengan Indonesia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018). Pada laga tersebut, skuat Socceroos muda menang dengan skor tipis 3-2.

Sejatinya, Indonesia tampil penuh percaya diri dalam pertandingan yang dihadiri ribuan pendukung tim Merah-Putih tersebut. Bahkan, anak asuh Fakhri Husaini berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-17 lewat sepakan kaki kiri Sutan Zico. Skor itu pun bertahan hingga pertama usai.

Baca Juga:
Sempat Memimpin, Timnas Indonesia U-16 Dikalahkan Australia U-16

Namun, babak kedua menjadi antiklimak bagi skuat Garuda Muda. Australia tampil lebih mendominasi pertandingan dan berhasil menyamakan kedudukan berkat Daniel Walsh di menit ke-51. Pada empat belas menit berselang, Adam Leombruno berhasil membalikkan dan digandakan oleh Noah Botic (74'). Teague dan kolega pun memimpin 3-1.

Indonesia sempat memperkecil kedudukan menjadi 2-3 melalui aksi Rendy Juliansyah satu menit menjelang waktu normal bubar. Namun, gol tersebut tak mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Menyikapi pertandingan tersebut, pelatih Timnas Australia, Trevor Morgan, mengaku senang karena tiket ke Piala Dunia U-17 2019 memang menjadi tujuan utama timnya. Namun, ia tak menampik jika kemenangan atas Indonesia adalah sebuah keberuntungan.

Baca Juga:
Ronaldo Klarifikasi Tudingan Pemerkosaan Model Amerika Serikat

''Saya pikir setiap tim yang datang ke sini memiliki tujuan untuk pergi ke Piala Dunia dan itulah salah satu hal yang kami lakukan di sini. Kami datang ke sini untuk memenangkan pertandingan dan mendapatkan rasa hormat untuk diri kami sendiri dan kami beruntung, kami cukup bagus untuk menang," kata Trevor Morgan di laman resmi AFC.

Sementara Indonesia, pelatih Fakhri Husaini tak menyembunyikan hasil buruk atas Australia sebagai hasil yang tidak diharapkan. Meski begitu, ia tetap bangga dengan perjuangan Sutan Diego cs.

''Kekalahan 3-2 bukanlah hasil yang kami inginkan. Saya bangga dengan para pemain saya, mereka telah memberikan segalanya. Ini luar biasa apa yang telah mereka capai,'' kata Fakhri Husaini.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-16 Kalahkan Australia U-16 di Babak Pertama

"Meskipun mereka hanya anak-anak, mereka harus belajar beradaptasi dalam situasi pertandingan. Soal gol pertama adalah yang paling sulit, mereka hanya bocah berusia 16 tahun yang sulit untuk segera bangkit,'' imbuhnya.

Kemenangan atas Timnas Indonesia U-16 mengantarkan Australia ke babak semifinal Piala Asia U-16 2018. Sekaligus mendapatkan satu tiket otomatis untuk menjadi wakil Asia di Piala Dunia 2019 di Peru.

Baca Juga:
Jadi Korban Gempa Palu, Ferry Rotinsulu Kehabisan Stok Makanan

Load More