Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022 Cho Gue-sung. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA )

Bolatimes.com - Klub kasta tertinggi Liga Denmark, FC Midtjylland, resmi merekrut penyerang tampan asal Korea Selatan, Cho Gue-song. Pemain berusia 25 tahun ini merupakan salah satu penyerang potensial asal Negeri Ginseng.

Ketertarikan FC Midtjylland terhadap sosok Cho Gue-sung ini juga masuk akal. Sebab, penyerang berusia 25 tahun itu berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di K League musim lalu dengan torehan 17 gol.

Selain itu, dia juga tampil bersinar bersama Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2022. Saat itu, dia mencetak dua gol melawan Ghana dalam laga penyisihan grup. 

Baca Juga:
Profil Maciej Gajos, Calon Pemain Asing Persija Jakarta yang Pernah Main Bareng Witan dan Egy di Lechia Gdansk

Cho pun mencatatkan namanya sebagai pemain Korea Selatan pertama yang mencetak dua gol dalam pertandingan Piala Dunia.

Sebetulnya, Cho sudah diincar banyak klub pada awal tahun 2023. Namun, dia diminta untuk tidak pindah pada jendela transfer Januari dan tinggal di Korea Selatan hingga awal K League 2023.

“Saya memiliki banyak kesempatan untuk datang ke Eropa, tetapi saya merasa kesempatan ini adalah kesempatan yang tepat,” kata Cho Gue-sung, seperti dikutip dari pernyataan resmi FC Midtjylland.

Baca Juga:
Beda dengan Timnas Indonesia, Dua Negara Tetangga Mundur dari Asian Games 2023

“FC Midtjylland sangat berdedikasi dalam mengejar saya dan saya merasa sangat yakin bahwa ini adalah transfer yang tepat,” ia menambahkan.

Lalu, mengapa Cho Gue-sung lebih memilih FC Midtjylland ketimbang tawaran-tawaran lainnya yang datang kepadanya? Berikut Bolatimes.com menyajikan profil klub tersebut.

Profil FC Midtjylland

Baca Juga:
3 Pemain Keturunan Bergabung, Timnas Indonesia U-23 Makin Sangar Di Piala AFF U-23 2023

FC Midtjylland merupakan klub sepak bola profesional asal Denmark yang berbasis di Herning dan Ikast. Hal ini tak terlepas dari hasil proses merger dua klub lama, yakni Ikast FC dan Herning Fremad.

Jika merujuk pada sejarahnya, FC Midtjylland didirikan oleh Johnny Rune, seorang tukang kayu dan pemilik bisnis swasta di industri pemasok kayu, dan Steen Hessel, sebuah dealer resmi pabrikan Mercedes-Benz.

Ada dua sosok yang ingin menggabungkan dua klub sepak bola, Ikast FC (dibentuk pada 1935) dan Herning Fremad (dibentuk pada 1918). Padahal, selama berdekade, dua klub ini adalah rival sengit.

Baca Juga:
Bikin KMSK Deinze Populer di Indonesia, Marselino Sampaikan Pesan Berkelas untuk Netizen Tanah Air

Akhirnya, kedua klub ini resmi merger pada 6 April 1999. Setahun setelah merger, FC Midtjylland sukses promosi ke kompetisi kasta tertinggi di Denmark, yakni Danish Superliga.

Capaian itu diraih setelah FC Midtjylland berhasil menjuarai Divisi Utama Liga Denmark dengan koleksi poin tertinggi dalam sepanjang sejarah kompetisi kasta kedua.

Pada Juli 2014, Matthew Benham, pemilik klub Liga Inggris, Brentford, menjadi pemilik saham mayoritas dari klub yang berusia 24 tahun ini melalui perusahaan FCM Holding.

Tak lama setelah itu, FC Midtjylland meraih gelar juara pertamanya pada Danish Football Championship pada musim 2014-2015. Setelah itu, mereka juga pernah juara pada edisi 2017-2018 dan 2019-2020.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More