Rauhanda Riyantama
Alex Goncalves saat berseragam Persikabo. (Instagram/pafamily1990)

Bolatimes.com - Polemik Alex Goncalves dengan manajemen Persikabo 1973 memasuki babak baru, Bimo Wirjasoekarta selaku Presiden klub mendapat sanksi FIFA.

Berawal dari pemotongan gaji yang dilakukan Persikabo 1873 terhadap para pemainnya akibat pandemi Covid-19 senilai 75 persen dan Alex Goncalves salah satu korbannya.

Pemain asal Brasil itu pun tak tinggal diam, gugatan diajukan ke Badan Penyelesaian Sengketa (DRC) FIFA, kasus yang kemudian jadi perhatian FIFPro (Aosiasi Pesepak Bola Profesional).

Baca Juga:
Dipanggil ke Timnas Indonesia U-22, Ronaldo Kwateh Belum Kasih Jawaban

Singkat cerita, FIFA pun mengeluarkan pernyataan yang disahkan Komite Etika Independen pada 3 April 2023, berisi pelanggaran yang dilakukan Presiden Persikabo.

Bimo Wirjasoekarta ditetapkan telah melanggar peraturan pasal 24 soal perlindungan integritas fisik dan mental dan pasal 26 terkait penyalahgunaan posisi.

Selain itu Bimo juga dinilai telah melanggar pasal 14 soal tugas umum Kode Etik FIFPro edisi 2023.

Baca Juga:
Diminta untuk Tangani Timnas Indonesia U-17, Shin Tae-yong Disebut Media Korea Selatan Bakal Kewalahan

Profil Alex Goncalves

Bernama lengkap Alex dos Santos Goncalves, pemain Brasil yang memulai karier di Liga Indonesia bersama Persela Lamongan, Persikabo 1973 dan Persita Tangerang.

Lahir di Teixeira de Freitas pada 20 Mei 1990, Alex memiliki awal karier yang cukup mentereng saat berseragam klub top Brasil, Gremio.

Baca Juga:
Senyum Lebar Mantan Bek Asing PSIS Semarang saat Dideportasi dari Indonesia, Justru Bahagia?

Medio 2007 hingga 2008, sebelum hijrah ke Serbia saat usianya masih 18 tahun bergabung dengan FK Teleoptik Zemun.

Bermain selama satu setengah musim, sebelum dipinjamkan ke Serbia pada awal 2010 dan setelah itu Alex selalu berpindah-pindah klub.

Menariknya selalu menjadi pemain pinjaman, mulai dari klub Rumania hingga Turki hingga berakhir di kampung halamannya, Brasil bersama Botafogo SP.

Baca Juga:
Masuk Grup Neraka dan Tak Bersua Timnas Indonesia U-22 di SEA Games, Ini Reaksi Pelatih Vietnam

Kiprahnya di Liga 1 dimulai pada 2019, saat itu Alex bermain untuk Persela Lamongan dan sukses mencatat prestasi mentereng.

Meski gagal mengangkat performa tim, Alex menjadi bomber yang subur dan masuk dalam jajaran top scorer dengan 17 golnya.

Alex berada di belakang Marko Simic yang saat itu masih berstatus striker Persija Jakarta yang berhasil mencetak 28 gol.

Performa itulah yang membuat Alex dipindang Tira Persikabo pada Januari 2020, sayangnya kontribusinya untuk Laskar Padjajaran tak sementereng saat di Persela.

Baru tampil 3 kali dengan torehan satu gol, setelah kompetisi dihentikan Alex memilih hijrah ke Malaysia membela Melaka United dan berhasil mencatat 10 laga dengan 3 gol.

Memasuki musim 2021-2022, Alex kembali ke Tanah Air saat resmi dipinang Persita Tangerang pada 11 Juni 2021 dan habis kontrak pada Desember 2021.

Menurut laman resmi Transfermarkt, Alex saat ini bermain untuk Monsoon FC usai hijrah ke Veranopolis-RS.

Kontributor: Eko
Load More