Irwan Febri Rialdi
Penyerang Schalke, Soichiro Kozuki, dan gelandang Frankfurt, Djibril Sow, bersaing untuk mendapatkan bola selama pertandingan sepak bola Bundesliga divisi satu Jerman Eintracht Frankfurt v Schalke 04 di Frankfurt, Jerman barat pada 21 Januari 2023. (AFP/Daniel Ronald)

Bolatimes.com - Pemain muda asal Jepang, Soichiro Kozuki, mampu mencatatkan kiprah yang cukup mentereng karena sukses menapaki jenjang karier yang istimewa bersama FC Schalke 04.

Sebab, Soichiro Kozuki memulai kariernya di Jepang bersama klub kasta kedua. Lalu, dia mendapatkan kesempatan abroad alias berkarier di luar negeri.

Klub luar negeri pertama yang merekrutnya bahkan hanya berstatus sebagai tim amatir. Sebab, mereka berkompetisi di kasta kelima dalam piramida sepak bola Jerman.

Namun, takdir akhirnya membawa Soichiro Kozuki untuk bermain di kasta tertinggi Liga Jerman alias Bundesliga bersama FC Schalke 04.

Tentu saja, ini adalah pencapaian yang luar biasa mengingat Soichiro Kozuki mengawali kiprahnya di kasta kelima, tetapi bisa mendapatkan kesempatan bermain di Bundesliga.

Tak hanya itu saja, ia hanya butuh dua pertandingan untuk mencetak gol pertamanya di ajang Bundesliga musim 2022-2023.

Profil Soichiro Kozuki

Soichiro Kozuki merupakan pesepak bola yang tercatat lahir di Uji, Jepang, pada 22 Desember 2000. Saat ini, pemain yang biasa mengisi pos gelandang itu telah berusia 22 tahun.

Saat masih berusia muda, Soichiro Kozuki sempat menimba ilmu bersama klub J2 League, Kyoto Sanga. Dia berlatih di sana mulai tahun 2016 hingga 2018.

Setelah itu, Soichiro Kozuki mendapatkan kesempatan untuk promosi ke tim utama Kyoto Sanga pada 2018. Di klub ini pula, pemain berpostur 180 cm ini bermain selama empat musim.

Setelah itu, Soichiro Kozuki mengawali karier abroadnya di Jerman. Klub pertama yang menggunakan jasanya ialah 1. FC Duren pada Februari 2022.

Menariknya, 1. FC Duren merupakan klub yang berkompetisi di Mitterlrheingliga alias kompetisi amatir yang berada di kasta kelima di piramida sepak bola Jerman.

Tak sampai setahun, dia akhirnya direkrut oleh Schalke 04, klub Jerman yang berkompetisi di Bundesliga alias kasta tertinggi.

Namun, awalnya dia baru bermain di tim cadangan. Namun, performanya di ajang Regionalliga West, Soichiro Kozuki langsung dipromosikan Schalke pada Desember 2022. Kontraknya juga diperpanjang hingga 2025. 

Debutnya bersama FC Schalke 04 dimulai pada laga melawan Eintracht Frankfurt pada 21 Januari 2023. Sayangnya, mereka kalah tiga gol tanpa balas.

Adapun pada laga melawan RB Leipzig, Soichiro Kozuki sukses mencetak gol debutnya. Akan tetapi, hasilnya juga buruk, sebab Schalke digasak dengan skor 1-6.

Sebelumnya, Soichiro Kozuki juga sudah menjadi bagian dari Timnas Jepang di kelompok usia muda, mulai dari U-16, U-17, U-18, hingga U-19.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More