Irwan Febri Rialdi
Rusia. (Sumber: Twitter/@WorldcupFIFA).

Bolatimes.com - Jika Rusia pada akhirnya benar-benar bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), maka ada beberapa negara yang berpotensi menyaingi mereka.

Adapun, kabar Rusia akan pindah ke AFC tersiar usai Presiden Federasi Sepak Bola Rusia (RFU), Aleksander Dyukov, mempertimbangkan untuk bergabung dengan AFC.

Keputusan ini dipertimbangkan setelah Rusia mendapat hukuman dari FIFA dan UEFA lantaran invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Aleksandar Dyukov mengatakan, saat ini peluang untuk bergabung dengan AFC adalah salah satu kesempatan yang harus dipertimbangkan RFU.

Hadirnya Rusia jika jadi pindah ke AFC akan membuat persaingan di Piala Asia 2027 mendatang makin ketat dan sulit buat Indonesia.

Namun, ada beberapa negara dengan kekuatan sepak bola bagus di Asia yang berpotensi menyaingi kekuatan dari kampiun Euro 1960 tersebut.

1. Jepang

Jepang telah menjelma sebagai salah satu tim terkuat di Asia. Ini dibuktikan dengan torehan 4 kali juara Piala Asia, selain itu para pemain mereka juga banyak yang merumput di Eropa.

Dengan sepak bola yang semakin kuat, Jepang tentunya punya peluang untuk bersaing dengan Rusia. Terlebih rekor pertemuan kedua tim berpihak kepada Jepang.

Jepang dan Rusia tercatat dua kali bertemu masing-masing pada 1995 dan Piala Dunia 2022. Dari dua pertemuan itu, Jepang selalu meraih kemenangan.

2. Korea Selatan

Sama seperti Jepang, Korea Selatan juga termasuk sebagai salah satu tim terkuat di Asia saat ini. Mereka juga punya banyak pemain yang merumput di Eropa.

Di pentas Piala Asia, Korea Selatan tercatat mengoleksi dua gelar juara pada 1956 dan 1960. Korea Selatan punya modal untuk menyaingi Rusia nantinya.

Dari segi rekor pertemuan, Rusia dan Korea Selatan sudah bertemu tiga kali. Hasilnya, Rusia menang dua kali dan bermain imbang sekali.

3. Iran

Iran yang sedang mencuri perhatian di Piala Dunia 2022 usai berpeluang lolos ke babak 16 besar, juga bisa menjadi tim yang menyaingi Rusia jika bergabung dengan AFC.

Iran sebetulnya selalu konsisten menjadi negara Asia yang tampil apik dan selalu lolos ke Piala Dunia dalam tiga edisi terakhir.

Dari segi rekor pertemuan, Iran dan Rusia sudah pernah bertemu dua kali. Hebatnya, Iran tak pernah kalah dengan meraih sekali kemenangan dan sekali imbang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More