Pipin Lukmanul Hakim
Timnas Qatar sukses mempertahankan gelar juara Piala Asia, usai menundukkan Yordania lewat tiga gol penalti. (@qfa)

Bolatimes.com - Timnas Qatar sukses mempertahankan gelar juara Piala Asia, usai tiga penalti Akram Afif membawa timnya mengalahkan Yordania dengan skor 3-1.

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

Jalannya pertandingan, Qatar langsung intens menebar ancaman di awal laga. Satu di antaranya dilakukan oleh Akram pada menit ketujuh.

Baca Juga:
Bangganya Nick Kuipers Segera Cetak Sejarah di Persib

Yordania nyaris menciptakan gol di menit ke-15. Sepakan keras Yazan Al-Naimat masih mengarah tepat ke gawang Qatar, dan ditepis oleh Meshaal Barsham.

Qatar kemudian mendapat peluang emas yang menjadi hadiah penalti pada menit ke-20. Pasalnya, Akram dilanggar Abdallah Nasib di kotak terlarang.

Akram Afif pun menjadi algojo untuk penalti tersebut dan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Qatar pun unggul 1-0.

Baca Juga:
Prediksi Final Piala Asia 2023 Yordania vs Qatar: Head to Head, Susunan Pemain, Live di Mana?

Yordania berupaya menekan Qatar di sisi waktu babak pertama. Tetapi, tidak membuahkan gol. Skor masih 1-0 untuk keunggulan Qatar menutup babak pertama.

Babak kedua, Yordania tampil lebih agresif. Mereka mampu mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-67 berkat tendangan Yazan Al-Naimat.

Gol bermula dari aksi pemain Yordania di sayap kanan penyerangan. Pemain Qatar pun gagal mengantisipasi si kulit bundar.

Baca Juga:
Ducati Berharap MotoGP 2024 Jadi Titik Balik Enea Bastianini

Sehingga membuat Al Naimat dengan mudah menceploskan bola ke gawang Qatar dengan kaki kirinya. Skor menjadi 1-1.

Namun, skor imbang itu tak bertahan lama usai wasit kembali menunjuk titik putih menghadiahkan penalti untuk Qatar.

Mahmoud Al Mardi menjatuhkan Ismaeel Mohammad di area terlarang. Akram Afif kembali dipercaya sebagai pengeksekusi.

Baca Juga:
Bojan Hodak Absen, Staf Pelatih Ungkap Program Latihan Persib: Lebih Sulit dan Keras

Afif menempatkan bola di sisi kiri gawang Yordania. Penalti lain untuk Qatar diputuskan pada injury time.

Situasi berawal dari Afif yang menusuk ke kotak penalti usai menerima umpan dari Almoez Ali. Ia terjatuh setelah bentrok dengan kiper Abulaila.

Seperti dua gol sebelumnya, Afif tak melakukan kesalahan saat mengeksekusi penalti. Qatar pun memastikan gelar juara Piala Asia 2023 usai menang 3-1 atas Yordania.

Load More