Jum'at, 27 Januari 2023
Irwan Febri Rialdi : Rabu, 19 Oktober 2022 | 23:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut lima klub yang pemainnya paling banyak meraih gelar Ballon d’Or, di mana Real Madrid dan Barcelona menjadi klub teratas untuk kategori ini.

Penghargaan Ballon d’Or 2022 baru saja usai digelar. Ajang penghargaan pemain terbaik ini digelar di Prancis oleh France Football.

Pada penghargaan Ballon d’Or 2022 ini, nama Karim Benzema terpilih sebagai peraih penghargaan pemain terbaik dunia edisi 2022.

Terpilihnya Karim Benzema sendiri tak lepas dari kiprahnya sepanjang musim 2021/2022 lalu, di mana ia berhasil meraih prestasi di level klub dan internasional.

Tak cukup sampai di situ, pemain berusia 34 tahun ini juga mampu tampil apik secara individu, yang membuatnya pantas menjadi peraih Ballon d’Or 2022.

Berbicara soal Ballon d’Or, banyak pihak yang bertanya-tanya mengenai klub mana saja yang kerap menyumbangkan pemenang ajang ini.

Sejak digelar pertama kali pada tahun 1956, banyak pemain yang silih berganti memenangi trofi pemain terbaik dunia versi France Football tersebut.

Tapi sejak 1956 lalu, klub mana saja yang berhasil melahirkan pemenang Ballon d’Or? Berikut lima klub yang paling banyak pemainnya meraih penghargaan tersebut.

1. Barcelona (12 gelar)

Barcelona menjadi klub yang pemainnya paling banyak meraih gelar Ballon d’Or sejak digelar pertama kali pada 1956.

Total ada 12 gelar Ballon d’Or yang didapat Barcelona yang pernah meraih titel ini, di mana nama Lionel Messi menjadi penyumbang terbanyak dengan enam gelar.

Sedangkan enam gelar lainnya dibagi ke lima pemainnya, yakni Johan Cruyff (2 gelar), Luis Suarez, Hristo Stoichkov, Rivaldo, dan Ronaldinho masing-masing dengan satu gelar.

2. Real Madrid (12 gelar)

Tak mau kalah dengan rival abadinya, Real Madrid pun juga mampu meraih 12 gelar Ballon d’Or lewat pemain-pemainnya.

Terpilihnya Karim Benzema sebagai peraih Ballon d’Or 2022 membuat Real Madrid menyamai Barcelona dengan torehan 12 gelar.

Dari 12 gelar itu, Cristiano Ronaldo menjadi penyumbang terbanyak dengan 4 gelar, disusul Alfredo Di Stefano (2 gelar), lalu Luis Figo, Ronaldo Nazario, Fabio Cannavaro, Luka Modric, dan Benzema dengan satu gelar.

3. AC Milan (8 gelar)

Klub legendaris Italia, AC Milan juga menjadi klub yang kerap mendapat Ballon d’Or lewat pemain-pemainnya.

Total sudah ada 8 gelar Ballon d’Or yang dikoleksi AC Milan lewat para pemainnya. Nama Gianni Rivera menjadi pemain Rossoneri pertama yang meraih gelar ini pda 1969.

Kesuksesan Rivera kemudian diikuti oleh Ruud Gullit, kemudian Marco van Basten dengan 3 gelar, lalu George Weah, Andriy Shevchenko, dan Kaka.

4. Juventus

Tak mau kalah dari rivalnya di Italia, Juventus juga memiliki 8 gelar Ballon d’Or yang didapatkan oleh pemain-pemainnya.

Pemain Juventus pertama yang mampu menggondol Ballon d’Or adalah Omar Sivori pada 1961. Setelahnya, ada nama Paolo Rossi yang berhasil meraihnya pada 1982.

Setelah itu, giliran Michel Platini yang berhasil meraih 3 gelar Ballon d’Or, lalu disusul oleh Roberto Baggio, Zinedine Zidane, dan Pavel Nedved dengan satu gelar.

5. Bayern Munich

Bayern Munich juga menjadi klub yang kerap mengirimkan pemainnya meraih Ballon d’Or. Total sudah ada 5 gelar Ballon d’Or yang didapatkan para pemain Die Roten.

Gelar Ballon d’Or yang didapatkan pemain Bayern Munich pertama kali dilakukan penyerang legendaris, Gerd Muller pada 1970.

Setelahnya, jejak Gerd Muller diikuti oleh Franz Beckenbauer dan Karl-Heinz Rummenigge yang sama-sama meraih dua gelar Ballon d’Or.

Kontributor: Felix Indrajaya

BACA SELANJUTNYA

Profil Lucas Roman, Rekrutan Baru Barcelona dari Argentina yang Disebut Titisan Lionel Messi