Rauhanda Riyantama
Timnas Rusia Kalahkan Mesir (Sumber: twitter)

Bolatimes.com - Timnas Rusia harus merasakan getir setelah resmi dicoret dari Piala Dunia 2022 Qatar buntut invasi negaranya ke Ukraina.

Invasi ke Ukraina yang digalakkan Vladimir Putin beberapa pekan silam, memberikan dampak besar ke berbagai sektor. Salah satunya adalah sepak bola.

Karena tindakan orang nomor satu di negeri Beruang Merah itu, baik klub dan tim nasional Rusia mendapat sanksi dari UEFA dan juga FIFA.

Baca Juga:
Kocak, Sandy Walsh Beri Semangat Jordi Amat Pakai Bahasa Jawa Jelang Duel di Liga Belgia

Salah satu klub Rusia, Spartak Moskow, harus menerima sanksi dari UEFA atas tindakan negaranya itu, dengan ditendang dari babak 16 besar Liga Europa 2021-2022.

Ditendangnya Spartak Moskow ini lantas memberikan keuntungan ke RB Leipzig yang kemudian lolos otomatis ke babak perempat final.

Sedangkan FIFA juga tak ketinggalan dengan memberikan sanksi ke Timnas Rusia. Induk sepak bola dunia ini melarang tim berjuluk Sbornaya ini berpartisipasi di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persik Kediri vs Barito Putera, Kick Off Sore Ini 15.15 WIB

Padahal, Timnas Rusia sendiri telah lolos ke semifinal Play Off zona Eropa dan akan menghadapi Polandia dalam dua leg demi meraih tiket ke ajang empat tahunan itu.

Polandia yang jadi lawannya turut menolak bertanding melawan Rusia di babak Play Off akibat invasinya ke Ukraina itu.

Selain Polandia, Republik Ceko yang berada dalam satu Bracket juga enggan berhadapan dengan Rusia jika nantinya kedua tim bertemu.

Baca Juga:
Tampil Impresif, Mario Suryo Aji Start Baris Terdepan Moto3 Mandalika

Alhasil, Timnas Rusia lewat federasinya, RFU, mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) usai dicoret oleh FIFA.

Rusia. (Sumber: Twitter/@WorldcupFIFA).

Banding Ditolak

Nyatanya, usaha Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) mengajukan banding agar tetap bisa tampil di Piala Dunia 2022 mendapat penolakan dari CAS.

Baca Juga:
Momen Comeback Kevin/Marcus atas Wakil India di Perempatfinal All England, Bikin BWF Ikut Takjub

Penolakan yang dilakukan CAS terhadap banding RFU itu otomatis membuat Timnas Rusia dipastikan tak akan tampil di Piala Dunia 2022 nanti.

Dalam laman resminya, CAS menuliskan bahwa mereka menolak permintaan RFU yang ingin menangguhkan larangan Timnas Rusia serta klubnya bermain di ajang internasional.

“Presiden Divisi Arbitrase Banding Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) telah menolak permintaan yang diajukan oleh Federasi Sepak bola Rusia (RUF),” bunyi pernyataan CAS.

“Oleh karena itu, keputusan yang ditentang tetap berlaku dan semua tim dan klub Rusia tetap ditangguhkan dari partisipasi dalam kompetisi FIFA,” lanjut pernyataan itu.

Ditolaknya banding tersebut alhasil membuat Rusia tak bisa berbuat banyak. Kesempatan untuk tampil di Piala Dunia 2022 Qatar pun harus pupus.

Apalagi, dalam waktu dekat sepak bola Eropa akan menjalani babak Play Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 saat kalender FIFA memasuki jeda internasional.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More