Rauhanda Riyantama
Evgeny Kabaev, striker asal Rusia yang pernah berseragam Persija Jakarta. (Instagram/kabaev_evgeny)

Bolatimes.com - Persija Jakarta kerap dihuni penyerang-penyerang kelas atas dari Eropa. Salah satunya adalah striker asal Rusia, Evgeny Kabaev.

Di tengah memanasnya konflik Rusia-Ukraina, banyak penikmat sepak bola Tanah Air yang mengenang beberapa pesepak bola asal negeri Beruang Merah yang pernah berkiprah di Indonesia.

Dari sekian banyak nama, ada nama Evgeny Kabaev, seorang penyerang asal Rusia yang pernah berkiprah di Indonesia bersama Persija.

Baca Juga:
Statistik Pertandingan Elkan Baggott bersama Ipswich Town U-23: 7 Laga Jadi Kapten dan Selalu Menang

Belum lama ini, nama Kabaev menjadi perbincangan di kalangan Jakmania, pendukung Persija, karena menunjukkan hasratnya yang ingin kembali bermain untuk Macan Kemayoran.

Terlihat dari akun Instagram sang pemain, Kabaev belakangan kerap mengunggah momen di mana dirinya pernah berseragam Persija.

Baca Juga:
Respons PT LIB setelah Pemerintan Izinkan Liga 1 Dihadiri Penonton

“Persija apa kalian mengingat saya?” bunyi caption unggahan Kabaev.

Bahkan lewat fitur Instagram Stories-nya, Kabaev terlihat me-repost beberapa unggahan yang berkaitan dengan Persija dari para Jakmania.

Ia pun juga mengadakan Giveaway jersey bertanda tangannya untuk Jakmania yang menjadi kode bahwa dirinya ingin kembali ke pangkuan Persija.

Baca Juga:
Jumlah Wasit FIFA di ASEAN, Indonesia di Bawah Malaysia dan Thailand

Meski pernah berkiprah di Indonesia, tak banyak yang tahu mengenai rekam jejak maupun profil dari seorang Evgeny Kabaev. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Evgeny Kabaev tersebut.

Mantan Top Skor Liga Estonia

Evgeniy Kabaev merupakan pesepak bola asal Rusia yang lahir di St Petersburg pada 28 Februari 1988. Saat ini, usianya sendiri telah menginjak 34 tahun.

Baca Juga:
Sudah 4 Laga Tak Dampingi PSIS, Ke Mana Dragan Djukanovic?

Perjalanan karier sepak bola Kabaev semuanya bermula di Eropa, di mana kariernya bermula pada 2007 saat bergabung klub Rusia, Kolomyagi SP-b.

Setelah setahun membela Kolomyagi SP-b, Kabaev sempat menganggur sebelum akhirnya menyeberang ke Estonia dan bermain untuk Sillamae Kalev.

Di klub ini, Kabaev menimba ilmu dan pengalaman. Setelahnya ia sempat berpindah-pindah klub yakni ke FC Lootus di Estonia, OPS di Finlandia, dan kembali ke Rusia untuk membela Petrotrest dan Karelia.

Meski demikian, angin kembali membawanya ke Estonia untuk bermain bagi Sillamae Kalev pada 2012, di mana di periode keduanya ini, Kabaev menorehkan catatan terbaiknya.

Pada tahun 2014, Kabaev menorehkan catatan terbaiknya yakni keluar sebagai top skor Liga Estonia dengan sumbangsih 36 gol.

Evgeniy Kabaev, striker asal Rusia yang pernah berseragam Persija Jakarta. (Instagram/kabaev_evgeny)

Ketajamannya bersama Sillamae Kalev itu membuat Persija tergoda dan kemudian mendatangkannya pada Januari 2015 silam.

Bersama Persija, perjalanan Kabaev tak berlangsung lama. Ia hanya bermain setengah musim saja setelah Kemenpora membekukan PSSI karena masalah dualisme, yang membuat Liga Indonesia 2015 harus dihentikan.

Meski perjalanannya bersama Persija terbilang singkat, Kabaev tetap memberikan kesan indah bagi Jakmania.

Setelah meninggalkan Indonesia, Kabaev kembali pulang ke Sillamae Kalev dan kembali menyabet gelar top skor Liga Estonia dengan total 25 gol.

Penampilan apiknya bersama Sillamae Kalev membuat Kabaev pun dipinang oleh klub asal Republik Ceko, Bohemians Prague 1905 pada 2017.

Sejak saat itu, Kabaev kembali berpetualang ke berbagai klub lainnya dari Rusia, Estonia, Honduras, hingga akhirnya kembali ke Asia Tenggara, tepatnya ke Thailand.

Evgeny Kabaev kembali ke Asia Tenggara pada 2020 dengan bergabung Samut Sakhon FC. Sejak saat itu, dirinya bertahan di Thailand dan tercatat kini membela tim kasta kedua Thai League, Chiangmai FC.

(Kontributor: Vikal Pamungkas)

Load More