Irwan Febri Rialdi
Pemain ADO Den Haag keturunan Indonesia, Irfan Karidjowijojo. (Dok. ADO)

Bolatimes.com - Mengenal Irfan Karijowidjojo, seorang pemain muda berdarah Jawa yang membela tim Eredivisie Belanda, ADO Den Haag.

Jagat sepak bola Tanah Air belum lama ini dibuat gempar dengan seorang pemain muda dengan nama Jawa yang dipanggil ke Timnas Belanda U-16 bernama Irfan Karijowidjojo.

Kabar pemanggilan ini diketahui dari laman web resmi klub yang ia bela, ADO Den Haag, di mana mereka merilis kabar dua penggawanya yakni Irfan dan Marley Cruz dipanggil untuk membela Timnas Belanda U-16.

Baca Juga:
Profil Irfan Karijowidjojo, Wonderkid Berdarah Jawa yang Bersinar di Belanda

“Irfan Karijowidjojo (bermain untuk U-17) dan Marley Cruz (bermain untuk U-16) keduanya telah dipilih untuk magang pelatihan dua hari untuk Tim Nasional Belanda di bawah U-16. Sesi pelatihan akan selesai pada hari Senin 7 dan Selasa 8 Maret di kampus KNVB di Zeist,” bunyi pernyataan resmi ADO Den Haag.

ADO Den Haag pun berharap keduanya bisa mendapat pengalaman dalam sesi latihannya bersama Timnas Belanda U-16 nanti sekaligus menarik perhatian tim pelatih.

Kabar pemanggilan ini pun disambut antusias oleh pendukung Timnas Indonesia dan penikmat sepak bola Tanah Air.

Baca Juga:
4 Keuntungan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Terbaru Dihadiahi Mobil Mewah

Lantas, siapakah sosok Irfan Karijowidjojo tersebut? Berikut profilnya.

Profil Irfan Karidjowijojo: Pemain Berdarah Jawa

Irfan Karidjowijojo merupakan pesepak bola yang lahir pada 30 November 2005. Saat ini tercatat usianya baru 16 tahun.

Baca Juga:
Cyrus Margono Dapat Sambutan Hangat usai Mengaku Berminat Jadi WNI

Irfan memiliki darah Indonesia dari kedua kakek dan neneknya yang berasal dari Jawa. Namun, kakek dan neneknya pindah ke Suriname semasa zaman kolonial.

Meski demikian, dirinya tumbuh berkembang di Belanda bersama kedua orang tuanya dan menapaki karier sebagai pesepak bola sejak usia muda.

Tercatat sejak masih belia, Irfan membela ADO Den Haag dan menimba ilmu di klub yang kini bermain di kasta kedua sepak bola Belanda tersebut.

Baca Juga:
Adu Statistik Emil Audero Mulyadi vs Cyrus Margono, Kiper Keturunan Indonesia di Eropa

Perlahan dirinya mampu menembus kelompok umur di tim tersebut. Kini dirinya bermain untuk tim U-17 ADO Den Haag di usianya yang baru 16 tahun.

Nama Irfan sendiri sudah melejit sejak 2020 lalu. Tercatat, videonya kala bermain tersebar luas di media sosial Instagram yang membuat penikmat sepak bola Tanah Air bertanya-tanya akan sosoknya.

Terlebih, namanya terbilang khas nama-nama Indonesia dan Jawa. Selain itu, wajahnya pun terlihat wajah khas Tanah Air dengan warna kulit sawo matang.

Diketahui, Irfan berposisi sebagai gelandang tengah dan juga bisa bermain di posisi lainnya pada sektor gelandang.

Jika dilihat dari gaya bermainnya yang dirangkum akun @footballtalentnesia, Irfan memiliki gaya bermain sebagai Regista atau Deep-Lying Playmaker.

Terlihat dari gaya bermainnya yang tenang dalam menjaga penguasaan bola serta mendistribusikan bola kepada rekan-rekannya.

Tipe pemain dengan gaya permainan tersebut tengah menjadi primadona dalam 20 tahun terakhir selayaknya Andrea Pirlo, Sergio Busquets, dan terbaru adalah Jorginho.

Besar harapan pendukung Indonesia melihat Irfan berseragam Timnas di kemudian hari. Namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda bahwa dirinya berminat untuk berseragam Merah Putih.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Load More