Irwan Febri Rialdi
Klub Norwegia yang dibela Shayne Pattynama, Viking FK). (Instagram/@viking_fk)

Bolatimes.com - Klub sepak bola asal Norwegia, Viking FK, tiba-tiba ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia. Sebabnya adalah klub tersebut merupakan tim dari Shayne Pattynama.

Shayne sendiri merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang baru saja dikabarkan berminat untuk membela Timnas Indonesia. 

Menurut Exco PSSI, Hasani Abdulgani, pemain berusia 23 tahun itu sudah mengirimkan surat pernyataan bersedia membela 'Merah Putih' dan mengirimkan dokumen untuk proses naturalisasi.

Baca Juga:
PSSI Pastikan Kroasia Tolak Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Menilik sepak terjangnya, Shayne merupakan bek kiri dengan segudang pengalaman bermain di Eropa. Dia merupakan jebolan akademi Ajax dan Utrecht, dan sempat merasakan bermain di divisi kedua Liga Belanda.

Pada April 2021, Shayne Pattynama kemudian diboyong oleh Viking FK dari klub Belanda, Telstar. Penampilan Shayne pun cukup ciamik dengan mencatatkan 24 penampilan bersama Viking FK di Liga Norwegia atau dikenal dengan Eliteserien.

Lantas, seperti apa sebetulnya sejarah dari Viking FK? Berikut ulasannya.

Baca Juga:
Villarreal vs Juventus, Dusan Vlahovic Dipastikan Starter

Profil Viking FK

Klub dengan nama lengkap Viking Fotballklubb ini sudah berdiri sejak 1899 dan merupakan salah satu klub terlama dan paling sukses di Norwegia.

Didirikan pertama kali di kota Stavanger, klub ini juga dikenal dengan sebutan Viking Stavanger. Klub ini kini bermarkas di Viking Stadion yang punya kapasitas 15.900 penonton.

Baca Juga:
Sergio Aguero, Pensiun Dini hingga Jajal Peran Baru di Timnas Argentina

Klub berjuluk The Dark Blues tersebut merupakan salah satu tim yang ikut serta dalam gelaran perdana Liga Norwegia di musim 1937/38.

Sebagai tim paling lama di sana, Viking FK merupakan klub Norwegia paling banyak memainkan pertandingan di level kompetisi teratas Norwegia dibandingkan klub-klub lainnya.

Meski begitu, mereka juga pernah turun kasta ke divisi kedua sebanyak tiga kali yaitu pada musim 1966/67, 1987/88, dan paling baru musim 2018/19.

Baca Juga:
Menang Beruntun, Rahmad Darmawan Ungkap Kelemahan Barito Putera

Prestasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Viking FK adalah salah satu klub paling sukses di Norwegia. Mereka mengoleksi 8 gelar juara Liga Norwegia.

Gelar pertama yang mereka raih hadir pada musim 1957, sedangkan gelar liga terakhir yang mereka raih sudah cukup lama yaitu pada tahun 1991.

Kemudian mereka punya koleksi 3 gelar divisi kedua yang mereka dapatkan pada 1967, 1988, dan teranyar di 2018. Selain itu, Viking FK juga mengoleksi 6 trofi Piala Norwegia.

Sebagai klub paling sukses pula, Viking FK tercatat pernah mentas di kompetisi antarklub Eropa. Mereka tampil 51 kali di Liga Europa dan 14 kali tampil di Liga Champions.

Selain itu, Viking FK juga pernah berkompetisi di Piala Winners. Jika ditotal, mereka sudah memainkan 67 pertandingan di kompetisi Eropa.

Kans mereka untuk bisa tampil lagi di kompetisi Eropa kembali terbuka setelah finis di posisi ketiga Liga Norwegia 2021.

Dengan hasil ini mereka berhak mengikuti Kualifikasi Conference League musim depan.

Kontributor: Aditya Rizki

Load More