Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Singapura, Ikhsan Fandi, berselebrasi usai menjebol gawang Myanmar pada laga pembuka Piala AFF 2020, Minggu (6/12/2021). (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Penyerang timnas Singapura, Ikhsan Fandi, menjadi bintang kemenangan timnya saat berjumpa Myanmar pada laga perdana Grup A Piala AFF 2020.

Ikhsan Fandi sukses menyumbangkan dua dari tiga gol timnas Singapura pada laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (5/12/2021) malam WIB itu.

Dua gol itu dicetak Ikhsan Fandi masing-masing pada menit ke-39 dan 45+1’. Sementara itu, satu gol timnas Singapura lainnya dicetak oleh Safuwan Baharudin (34’).

Baca Juga:
Profil Supachok Sarachat, Gelandang Andalan Timnas Thailand

Ikhsan Fandi tentu merasa senang karena dua golnya sukses mengantarkan Singapura berada di posisi nyaman di Grup A Piala AFF 2020.

Sebab, raihan tiga poin pada laga pertama ini bakal menentukan langkah mereka selama tampil di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2020.

“Selalu menyenangkan untuk memulai dengan kemenangan. Kami masih bisa bermain lebih baik lagi untuk mencetak lebih banyak gol,” kata Ikhsan, dikutip dari ESPN.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Duel Tim Pesakitan Everton Vs Arsenal

Profil Ikhsan Fandi

Ikhsan Fandi merupakan pesepak bola muda yang digadang-gadang bakal menjadi striker andalan timnas Singapura di masa mendatang.

Sebab, pemain kelahiran 9 April 1999 itu usianya baru menginjak 22 tahun. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain klub kasta tertinggi Liga Norwegia, FK Jerv.

Baca Juga:
Tinggalkan Bali, Viktor Axelsen Tulis Pesan Perpisahan Menyentuh

Sebelum bergabung dengan FK Jerv, Ikhsan Fandi terlebih dahulu memperkuat klub Norwegia lainnya, yakni Raufoss, dari 2019 hingga 2020.

Saat mengawali kariernya di dunia sepak bola, sebetulnya Ikhsan Fandi sempat mendapatkan kesempatan trial bersama klub kasta kedua Liga Spanyol, Hercules, pada tahun 2013.

Sayangnya, dia gagal melanjutkan kiprahnya di Negeri Matador karena tak mendapatkan kontrak dengan pihak klub. Ini disebabkan masalah visa.

Baca Juga:
Indah Banget! Video Juan Cuadrado Cetak Gol Langsung dari Sepak Pojok

Kemudian, dia memilih untuk bergabung dengan klub asal Chile, AC Barnachea, dan mendapatkan kontrak selama dua musim bersama klub kasta tertinggi Liga Chile itu.

Pada tahun 2016, Ikhsan memutuskan pulang kampung ke Singapura untuk bermain bersama klub lokal, Home United. Saat itu, usianya baru 17 tahun ketika mencatatkan debut di Liga Singapura musim 2016.

Setelah itu, dia sempat membela Young Lions FC, klub profesional Liga Primer Singapura yang berada di bawah kontrol Federasi Sepak Bola Singapura (FAS).

Klub ini menjadi salah satu klub sepak bola di dunia yang menerapkan sistem pembatasan usia saat bermain di kompetisi level tertinggi.

Sebagai informasi, Ikhsan Fandi merupakan anak kedua dari pesepak bola legendaris Singapura, Fandi Ahmad, yang menikah dengan model asal Afrika Selatan, Wendy Jacobs.

Dia memiliki empat saudara. Yang tertua, yakni Irfan Fandi, juga berstatus sebagai pesepak bola profesional. Kini, Irfan bermain bersama klub Thailand, BG Pathum United.

Sementara itu, adik laki-lakinya juga mengikuti jejak orang tuanya di dunia kulit bundar, yakni Iryan Fandi, yang bermain untuk Young Lions.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More