Rauhanda Riyantama
Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Beberapa negara telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 setelah menjalani kualifikasi selama jeda internasional November 2021 ini.

Beberapa negara yang telah memastikan lolos, utamanya berasal dari Eropa seiring berakhirnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa atau UEFA.

Selain itu, zona Amerika Selatan atau CONMEBOL juga telah mengirim wakilnya yang akan tampil di Piala Dunia 2022 di Qatar tahun depan.

Baca Juga:
5 Transfer Kontroversial Persija dan Persib, Teranyar Marc Klok

Rata-rata negara yang telah mendapa tiket ke Piala Dunoa 2022 ini merupakan negara-negara besar dan punya sejarah di sepak bola.

Sematan negara besar pun tak lepas dari banyaknya bintang yang negara itu miliki. Secara tak langsung, banyaknya bintang ini juga meningkatkan nilai pasar dari tim nasional tersebut.

Kira-kira, negara mana saja punya pemain dengan nilai pasar termahal dan telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar? Berikut rangkumannya yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga:
Pebulu Tangkis Denmark Soroti Kesalahan Hawk Eye yang Rugikan Kevin/Marcus

5. Spanyol

Para penggawa Timnas Spanyol merayakan kemenangan setelah menang 3-0 atas Swedia di penyisihan Grup F Kualifikasi Euro 2020, Selasa (11/6/2019) dini hari tadi. [OSCAR DEL POZO / AFP]

Timnas Spanyol berada di urutan kelima sebagai negara yang punya pemain-pemain termahal di pasar dan telah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022.

Diketahui, La Furia Roja memiliki nilai pasar sebesar 728 juta euro atau Rp11,1 triliun. Besarnya nilai pasar ini rata-rata disumbangkan oleh pemain tengahnya.

Baca Juga:
Momen Marcus Gideon Sukses Curi Poin saat Kevin Sanjaya Ganti Raket

Para pemain itu antara lain Rodri dengan 70 juta euro (Rp1,1 triliun), Koke dengan 60 juta euro (Rp966 miliar), dan Dani Olmo dengan 50 juta euro (Rp805 miliar).

4. Argentina

Timnas Argentina. (Silvio Avila/AFP).

Timnas Argentina juga menjadi negara yang telah lolos ke Piala Dunia 2022 dan memiliki skuad dengan nilai pasar yang mahal. Jika diakumulasikan, nilai pasar skuad La Albiceleste menyentuh 747,5 juta euro (Rp12,2 triliun).

Baca Juga:
Hajar Wakil Malaysia, Kevin/Marcus ke Final Indonesia Masters 2021

Besarnya akumulasi nilai pasar ini tak lepas dari banyaknya pemain bintang dari posisi penjaga gawang hingga lini depan.

3. Brasil

Neymar mengeksekusi penati saat membawa Timnas Brasil menang 2-0 atas Ekuador dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. (SILVIO AVILA / AFP)

Tak mau kalah dar Argentina, Timnas Brasil juga masuk dalam daftar ini mengingat akumulasi nilai pasar pemain di skuadnya mencapai 14,1 triliun rupiah.

Neymar yang jadi bintang Selecao, menjadi pemain dengan nilai pasar termahal yakni 100 juta euro (Rp1,6 triliun). Nilai ini pun ditambah beberapa pemain lainnya yang berstatus bintang di klubnya masing-masing.

2. Prancis

Aksi Eduardo Camavinga saat mencetak gol pertamanya di Timnas Prancis. (FRANCK FIFE / AFP)

Mantan juara Piala Dunia 2018 ini juga dihuni oleh pemain dengan nilai pasar termahal di dunia sepak bola saat ini. Jika dihitung, total skuad Timnas Prancis punya nilai pasar menyebut Rp15,7 triliun.

Nama Kylian Mbappe menjadi penyumbang terbesar di mana nilai pasarnya mencapai 160 juta euro (Rp2,5 triliun). Belum lagi dengan pemain lainnya yang telah mencuri perhatian dan punya nilai jual tinggi karena usianya yang masih muda.

1. Inggris

Selebrasi bek Timnas Inggris, Luke Shaw usai cetak gol cepat lawan Italia di final Euro 2020. (FACUNDO ARRIZABALAGA / POOL / AFP)

Posisi pertama dipegang oleh Timnas Inggris. The Three Lions punya skuad yang punya total nilai pasar menyentub angka 1,23 miliar euro (Rp19,8 triliun).

Besarnya angka ini tak lepas dari banyaknya pemain muda yang performanya tengah menanjak. Karenanya, rata-rata pemain Inggris punya nilai pasar berkisar 70 hingga 100 juta euro.

Nama-nama seperti Jack Grealish, Mason Mount, Phil Foden, Trent Alexander-Arnold dan Raheem Sterling punya nilai pasar tinggi. Hanya saja, nilai pasar mereka masih kalah dari Harry Kane yang ada di angka 120 juta euro (Rp1,9 triliun).

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More