Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Logo UEFA. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi umumkan munculnya kompetisi baru pada Selasa (24/9/2019). Kompetisi itu dinamakan UEFA Europa Conference League yang akan bergulir pada 2021.

Peserta Europa Conference League nantinya adalah klub dari liga-liga domestik dari Eropa. Kompetisi ini akan berjalan beriringan dengan Liga Champions dan Liga Europa.

Namun, secara level, Europa Conference League masih di bawah Liga Champions dan Liga Europa. Bisa dibilang, kompetisi baru ini adalah kompetisi kasta ketiga antar klub Eropa.

Baca Juga:
Baru Sembuh, Messi Sudah Cedera Lagi

"Nama kompetisi ketiga bikinan UEFA tersebut adalah UEFA Europa Conference League," bunyi pernyataan resmi UEFA

"Kompetisi baru ini akan dimulai pada 2021 dan bertujuan memberikan kesepatan yang lebih luas buat klub-klub di berbagai negara untuk bertarung di kompetisi Eropa," lanjutnya.

UEFA belum menjelaskan secara rinci mengenai Europa Conference League. Namun, menurut laporan Marca, formatnya akan sama dengan Liga Champions dan Liga Eropa saat ini, dengan diikuti 32 tim.

Baca Juga:
Hadapi China di Laga Uji Coba, Fakhri Husaini Mengaku Senang

Sebanyak 32 tim akan dibagi menjadi delapan grup. Kemudian, juara grup dan runner-up akan lolos ke babak 16 besar dan wajib meraih kemenangan untuk bisa melaju ke babak delapan besar, semifinal, dan partai final.

Kemudian, pertandingannya akan digelar bersama dengan Liga Europa, yakni pada hari Kamis. Sementara Liga Champions tetap pada jadwal sebelumnya, yaitu Selasa dan Rabu.

Baca Juga:
Persiapan Kualifikasi Piala Asia U19 2020, Fakhri Husaini Panggil 30 Pemain

Load More