Galih Priatmojo
Para pemain Real Madrid merayakan gol Lucas Vazquez ke gawang Barcelona di laga El Clasico pada 6 Februari 2019 (Lluis Gene/AFP)

Bolatimes.com - Kampiun Liga Champions musim lalu, Real Madrid akan bertandang ke markas Ajax, Kamis (14/2/2019) dini hari melakoni leg pertama babak 16 besar. 

Di atas kertas, Real Madrid yang merupakan juara bertahan di tiga gelaran terakhir Liga Champions lebih diunggulkan dalam laga ini. Apalagi di bawah asuhan Santiago Solari, Madrid tengah trengginas.

Tim papan atas La Liga, Atletico Madrid, menjadi korban teranyar keganasan para penggawa Los Blancos. Tidak tanggung-tanggung, tim besutan Diego Simeone dibantai dengan tiga gol berbalas satu di markas mereka sendiri di Estadio Wanda Metropolitano.

Baca Juga:
Tahan 1-1 Madura United, Timnas Indonesia U-22 Hat-trick Raih Hasil Imbang

Dari catatan pertemuan kedua tim, Madrid pun jauh lebih unggul dari Ajax. Dari enam pertemuan terakhir kedua tim, Madrid mendulang kemenangan dengan mencetak 20 gol dan hanya kebobolan dua kali. Dan dari 20 gol tersebut, 11 diantaranya disarangkan di markas Ajax.

Aksi Thibaut Courtois kala melawan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano, Sabtu (9/2/2019). (GABRIEL BOUYS / AFP)

Sukses dengan formasi 4-3-3 di derby Madrid, dalam laga ini Solari kemungkinan besar akan kembali menurunkan trio Karim Benzema, Gareth Bale dan Vinicius Junior di lini depan. Pastinya dengan mengandalkan pasokan dari lini tengah yang dikawal Toni Kroos, Casemiro dan Luka Modric.

Menghadapi Madrid yang belum terkalahkan di tujuh pertandingan terakhir, Ajax sudah pasti harus bekerja ekstra keras. Meski di musim ini Ajax tampil impresif dengan catatan tanpa kekalahan di 21 pertandingan di semua kompetisi, di tiga laga terakhir, dua kekalahan menyakitkan dialami anak-anak asuh Erik ten Hag. Yaitu pembantaian di kandang Feyenoord dengan skor 6-2 dan kekalahan tipis 1-0 dari Heracles.

Baca Juga:
Cakep Nih! Suporter Persija Persib dan PSM Makassar Akur Sambut Gol Ramdani

Meski demikian, dalam laga ini sang pelatih paling tidak menargetkan hasil imbang dan tidak kebobolan di kandang sendiri. Jika berhasil menahan Madrid tanpa kebobolan, Ajax akan sangat berpeluang untuk melaju ke fase berikutnya.

Perkiraan susunan pemain:
Ajax (4-3-3): Onana; Tagliafico, Blind, de Ligt, Mazraoui; Schone, de Jong, Beek; Tadic, Dolberg, Ziyech.

Pelatih: Erik ten Hag.

Baca Juga:
Demi Final Liga Champions, Pepe Siap Habis-habisan Hadapi AS Roma

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Reguilon, Ramos, Varane, Carvajal; Kroos, Casemiro, Modric; Vinicius, Benzema, Vazquez.

Pelatih: Santiago Solari.

Baca Juga:
Sempat Paksa Newcastle Jets Bermain Imbang, Persija Akhirnya Tumbang 3-1

Load More