Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Wayne Rooney saat membela Timnas Inggris pada tahun 2013 (Glyn Kirk/AFP)

Bolatimes.com - Kembalinya Wayne Rooney membela Timnas Inggris dalam laga uji coba melawan Amerika Serikat tampaknya berbuntut pada pertentangan. Legenda Timnas Inggris, Alan Shearer menilai FA tidak perlu memberikan penghormatan kepada Rooney.

Alan Shearer menjadi salah satu pihak yang menentang keputusan FA atas keputusannya memanggil kembali Wayne Rooney ke dalam skuat Timnas Inggris. Shearer menilai itu bukan lah keputusan yang tepat meski FA hanya ingin memberikan penghargaan kepada Rooney.

Seperti yang diketahui, Wayne Rooney sudah memutuskan pensiun dari Timnas Inggris pada Agustus 2017. Tetapi kini, mantan penyerang Manchester United itu kembali dipanggil membela skuat The Three Lions dalam laga uji coba melawan Amerika Serikat yang berlangsung pada Kamis (15/11/2018).

Baca Juga:
Klasemen Liga 1 Pekan ke-29, Persib Bangkit Kejar PSM Makassar

Laga uji coba itu sekaligus menjadi laga amal untuk membantu yayasan Rooney dan menjadi laga perpisahan bagi pemain berusia 33 tahun itu untuk menggenapkan 120 penampilannya bersama Timnas Inggris.

Namun, langkah FA tersebut mendapat kritik dari Alan Shearer. Mantan pemain yang pernah membela Newcastle United itu mengatakan Timnas Inggris tidak perlu menghormati pemain. Shearer menilai jika FA ingin memberikan salam perpisahan, ia menyarankan untuk mengundang Rooney sebagai tamu.

Selebrasi Wayne Rooney saat mencetak gol ke gawang Skotlandia pada 18 November 2014 (Ian MacNicol/AFP)

''Hebat bagi Wayne mendapatkan kesempatan untuk mengatakan salam perpisahan pada suporter di Wembley. Namun, bermain untuk Inggris adalah kehormatan, Inggris seharusnya tak perlu menghormati anda,'' ucap Alan Shearer dikutip dari FourFourTwo.

Baca Juga:
Arsene Wenger Akan Gantikan Gennaro Gattuso di AC Milan?

''Mengingat Wayne sudah pensiun dari sepak bola Internasional 15 bulan lalu, jika FA sungguh ingin memberi dia salam perpisahan, kenapa mereka tak mengundangnya sebagai tamu?,'' sambungnya.

Lebih lanjut, Alan Shearer mengatakan dengan cara mengundang Rooney sebagai tamu, itu lebih masuk akal ketimbang memanggilnya kembali untuk bermain bersama Timnas Inggris.

Selain itu, pria berusia 48 tahun tersebut juga menambahkan bahwa seharusnya FA tidak mengubah laga Internasional menjadi laga testimoni untuk menghormati pemain.

Baca Juga:
Gelandang Inter Milan Berharap Barcelona Tak Mainkan Lionel Messi

''itu (mengundang sebagai tamu) lebih masuk akal ketimbang berkata: 'terima kasih sudah bermain untuk Inggris, Wayne, ini satu pertandingan lagi untuk anda','' imbuh Shearer.

''Memang hebat FA ingin menghargai kariernya dan mengumpulkan uang untuk aksi amalnya. Tetapi seharusnya mereka tak mengubah laga internasional jadi laga testimoni,'' tandasnya lagi.

Baca Juga:
Jadwal Matchday ke-2 Piala AFF Futsal 2018, Indonesia vs Malaysia

Load More