Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Timnas Tahiti U-19. (Facebook/New Zealand Football).

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 gagal menggapai mimpi untuk bisa tampil di Piala Dunia U-20 2019. Namun, nasib berbeda dialami oleh negara seluas Kabupaten Semarang dari Oceania, yakni Tahiti.

Indonesia hampir tampil di Piala Dunia U-20 andai mampu mengalahkan Jepang di babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018. Namun kenyataannya, skuat Merah Putih justru tersungkur 0-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (28/10/2018).

Hasil itu pun membuat Indonesia yang memiliki reputasi sebagai salah satu negara terluas di dunia harus mencoba lagi untuk kesempatan berikutnya.

Baca Juga:
Abaikan MU, 4 Tim Ini Dianggap Bernardo Silva Jadi Ancaman

Namun, berbeda dengan Tahiti, negara yang memiliki luas 1.044 kilometer persegi atau hampir sama dengan Kabupaten Semarang itu justru berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Kepastian tersebut didapat setelah Tahiti yang sukses melangkah ke partai final OFC U-19 Campionship 2018 (Piala Asia U-19 versi Oceania) pada 18 Agustus 2018.

Final OFC U-19 2018, Selandia Baru vs Tahiti. (Facebook/New Zealand Football).

Tahiti mengawali kampanye di OFC U-19 Championship 2018 dengan tergabung di Grup A. Berada satu bersama Selandia Baru, Papua Nugini, dan Tonga, Tahiti berhasil lolos ke babak knockout sebagai runner-up setelah memetik dua kemenangan dan satu kekalahan.

Karena OFC U-19 Championship 2018 hanya terbagi dalam dua grup, Tahiti yang lolos dari Grup A bersama Selandia Baru langsung melaju ke babak semifinal. Di babak tersebut, Tahiti sukses memetik kemenangan 3-1 atas Pulau Salomon, sementara Selandia Baru sukses mengalahkan Kalendonia Baru dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga:
Sadis! Pesepakbola Brasil Tewas dengan Anggota Tubuh Terpotong

Hasil tersebut membuat Tahiti dan Selandia Baru bertemu di partai final. Sayangnya, Terai Bremon dan kolega menelan kekalahan 0-1 di Stade Pater, Pirae pada 18 Agustus 2018. Meski demikian, Tahiti tetap mendapatkan satu tiket ke Piala Dunia U-20 karena Oceania mendapatkan jatah dua tim untuk tampil di kejuaraan paling bergengsi di dunia tersebut.

Keberhasilan Tahiti melangkah ke Piala Dunia U-20 2019 menjadi prestasi yang kedua kalinya. Debut Tahiti di Piala Dunia U-20 terjadi pada 2009 silam. Kala itu, Tahiti tergabung di Grup B bersama Spanyol, Nigeria, dan Venezuela, tetapi harus puas finis sebagai juru kunci dan kebobolan 21 gol tanpa mencetak satu gol pun.

Baca Juga:
Greget! Ini 5 Potret Mantan Jesse Lingard Bersama Hewan Buas

Load More