Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan/Twitter

Bolatimes.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan angkat bicara terkait keputusan Mesut Ozil yang memutuskan pensiun dari Timnas Jerman. Erdogan mengucapkan selamat kepada Ozil atas keputusannya tersebut dengan membela darah keturunannya.

Mesut Ozil memutuskan untuk tidak lagi memperkuat Timnas Jerman karena merasa mendapat perlakuan rasialis dan tidak dihormati. Keputusan itu diambil Ozil disertai pernyataan yang diunggahnya menjadi tiga foto melalui Instagram pribadinya.

Adapun alasan pemain berusia 29 tahun itu memutuskan pensiun adalah lantaran kritik yang dilayangkan kepadanya ketika pertemuan dengan Presiden Turki, Erdogan dan perlakuan Presiden Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel atas pertemuan dengan Erdogan tersebut.

Baca Juga:
Ini Hasil Evaluasi PT LIB Seusai Putaran Pertama Liga 1 Berjalan

Mantan pemain Real Madrid tersebut mengklaim DFB dan tokoh-tokoh senior sepak bola Jerman tidak melakukan hal yang cukup untuk melindunginya setelah tim besutan Joachim Loew tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Mesut Ozil merasa dijadikan kambing hitam atas kekalahan Jerman di Piala Dunia 2018 tersebut. Bahkan Ozil sampai mengeluarkan pernyataan yang berbau rasis terkait perlakuan yang ia dapatkan.

Mesut Ozil/Twitter

"Jika kita menang, Saya orang Jerman. Jika kami kalah, saya adalah imigran," tulis Ozil dalam pernyataannya.

Baca Juga:
Video - Pemain Persija Ini Ternyata Pernah Kolongi Ronaldinho

Setelah Ozil memutuskan pensiun dari Timnas Jerman, Erdogan pun angkat bicara mengenai keputusan pemain yang memiliki darah Turki tersebut. Erdogan mengucapkan selamat kepada Ozil karena membela darah keturunanya.

"Pernyataan ini dari Ozil dan sikap yang diambilnya benar-benar nasionalis dan membela darah keturunanya. Ini jauh di luar semua apresiasi," terang Erdogan dikutip dari FourFourTwo.

"Saya mengucapkan selamat kepadanya, karena pendekatan rasis seperti yang diajarkan agamanya terhadap seorang pemuda yang telah memberikan segalanya untuk tim nasional Jerman, berkontribusi pada keberhasilannya, benar-benar tidak dapat diterima," lanjut Erdogan

Baca Juga:
Real Madrid Lirik Kiper Prancis Hugo Llrois

Mesut Ozil juga mendapat dukungan dari Presiden Federasi Sepak Bola Turki, Yildirim Demiroren. Ia mengatakan mengutuk perlakuan yang Ozil dapatkan dari DFB.

"Saya mengutuk perlakuan, ancaman dan pesan memalukan yang telah dikirimkan kepadanya (Ozil) karena asal-usulnya. Baik di depan umum atau secara pribadi, setiap pemain harus dilindungi terhadap pesan penghinaan, diskriminasi dan kebencian," kata Yildirim Demiroren dalam pernyataannya.

Baca Juga:
Reaksi Netizen Indonesia Saat Lechia Gdansk Tak Mainkan Egy

Load More