Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Mesut Ozil. (Sumber: Instagram/@m10_official).

Bolatimes.com - Gelandang kreatif Mesut Ozil telah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional (Timnas) Jerman. Ia merasa mendapatkan perlakuan deskriminasi dan tak dihormati lagi.

Pemain 29 tahun itu memilih pensiun karena kritik pedas atas penampilannya di Piala Dunia 2018. Selain itu, pertemuan dirinya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan juga menjadi sebab.

Ozil sendiri telah membela skuat Den Paner sejak 2009, yang berarti sembilan tahun sudah ia mengucurkan keringat untuk timnas Jerman. Ia pun telah meraih berbagai prestasi baik bersama Timnas Jerman ataupun rekor-rekor pribadi.

Baca Juga:
Ibrahimovic Ingin Jadi Presiden AS jika Datang ke MLS Lebih Cepat

Bagi yang penasaran, berikut Bolatimes.com merangkum tiga prestasi terbaik Ozil yang diraih di skuat Die Mannschact.

1. Gol dan Assist

Sumber: @M10_official

Ozil yang sembilan tahun membela Timnas Jerman telah mencatatkan 92 caps. Selama itu pula, ia telah ikut campur dalam terciptanya 63 gol skuat Dan Panzer.

Baca Juga:
Fan Kritik Jersey Baru Tottenham yang Identik dengan Barcelona

Sebagai gelandang yang kerap menyuplai penyerang dengan kaki kirinya, Ozil telah memberikan assist sebanyak 40 kali.

Kendati demikian, Ozil juga tak kalah buas di depan gawang lawan, 23 kali sudah ia menggetarkan jala lawan.

2. Kiprah di Piala Dunia

Baca Juga:
Tampil Memukau, Christian Pulisic Dapat Pujian dari Jurgen Klopp

Sumber: Sambafoot.com

Piala Dunia menjadi salah satu panggung istimewa bagi Ozil. Di turnamen empat tahunan itu, ia telah membuat Jerman menjadi bertaring.

Pada Piala Dunia 2010, Ozil mengantarkan Jerman hingga babak semifinal. Namun, mereka harus tumbang 0-1 dari Spanyol di babak tersebut.

Alhasil, Jerman harus puas berebut tempat ketiga melawan Uruguay dan berhasil keluar sebagai pemenang.

Baca Juga:
Usai Lakukan Blunder, Karius Kirim Pesan Ini Kepada Pembencinya

Piala Dunia 2014, Jerman tampil lebih baik lagi dengan berhasil keluar sebagai juara. Bersua Argentina di final, Lionel Messi dkk dibuat menunduk setelah kalah 0-1.

Sayangnya, Piala Dunia 2018 bukan menjadi hal baik untuk Ozil dan kolega. Mereka gagal total dan terlempar sebagai juru kunci Grup F.

3. Gelar Individu

Mesut Ozil/Instagram

Perlu diketahui, Ozil merupakan imigran yang dipuja-puja skillnya dalam beberapa tahun silam. Terbukti, ia telah didaulat sebagai pemain terbaik tahunan Jerman sebanyak lima kali.

Penghargaan tersebut diberikan pada 2011, 2012, 2013, 2015, dan 2016.

Namun, dunia sepak bola terkadang begitu kejam, kini Ozil telah mundur dari Timnas Jerman karena sebuah titik hitam. Akhir kata, berikut kalimat terkhir Ozil dalam keputusan pensiun dari Jerman.

“Ini dengan berat hati dan setelah banyak pertimbangan bahwa karena peristiwa baru-baru ini saya tidak lagi bermain untuk Jerman di tingkat internasional sementara saya memiliki perasaan rasisme dan tidak hormati," kata Ozil

"Saya dulu memakai baju Jerman dengan kebanggaan dan kegembiraan, tapi sekarang tidak. Saya merasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang telah saya capai sejak debut internasional saya di tahun 2009 telah dilupakan,” tuturnya menutup.

Load More