Galih Priatmojo
Toni Kroos

Bolatimes.com - Mistis Piala Dunia tampaknya bukan isapan jempol. Pemegang kampium Piala Dunia ternyata dikutuk. 

Yap, menyandang titel kampium Piala Dunia 2014, ternyata bukan jaminan bagi Jerman untuk melangkah mudah di pentas sepak bola sejagad edisi 2018 Rusia. Datang sebagai unggulan, skuat Der Panzer justru terjungkal melakoni fase penyisihan Grup F. 

Jerman dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018 Rusia setelah menelan kekalahan menyakitkan dari Korea Selatan di partai pamungkas Grup F. Dalam laga yang digelar di Kazan Arena, Rabu (27/6/2018), tim besutan Joachim Low dipecundangi tim berjuluk Taeguk Warriors 2-0.

Baca Juga:
Kalah dari Korsel, Level Jerman Turun Setara Mesir dan Iran

Kekalahan tersebut menjadi kekalahan kedua Jerman di fase grup, setelah sebelumnya ditumbangkan Meksiko di laga perdana. Dari tiga laga, Jerman hanya mencatatkan satu kemenangan di laga kedua saat menghadapi Swedia.

Tersingkirnya Jerman dari pentas Piala Dunia kali ini memperpanjang kutukan pesta akbar sepak bola dunia empat tahunan itu. Di mana sejak tahun 2006, tidak ada juara bertahan yang mampu lolos dari babak penyisihan.

Kutukan itu berawal dari keberhasilan Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Ketika itu Italia sukses menaklukkan Prancis yang diperkuat Zinedine Zidane.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Grup F: Jerman Angkat Koper dari Rusia

Gli Azzurri menjadi juara setelah unggul dalam drama adu penalti menyusul skor 1-1 yang bertahan di sepanjang waktu normal pertandingan yang digelar di Olympiastion Berlin.

Namun, saat mentas di Piala Dunia 2010, Italia yang menyandang sebagai juara bertahan secara mengejutkan tidak lolos dari fase grup. Mereka gagal menang melawan negara non unggulan seperti Paraguay, Selandia Baru dan Slowakia.

Spanyol yang menyandang sebagai juara Piala Dunia 2010 juga bernasib sama seperti Italia. Di bawah besutan Vicente del Bosque, La Furia Roja gagal mempertahankan gelar di Piala Dunia 2014.

Baca Juga:
Babak Pertama Grup F, Jerman Kesulitan Tembus Pertahanan Korsel

Spanyol angkat koper lebih cepat dari Piala Dunia 2014 setelah tersingkir di Grup B. Sergio Ramos dan kawan kawan kalah dari Belanda dan Cile, dan hanya memetik satu kemenangan dari Australia.

Load More