Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
Jepang menang melawan Kolombia/Twitter

Bolatimes.com - Jepang tampil mengejutkan dengan berhasil menundukkan Kolombia dengan skor 2-1 dalam laga pembuka mereka di penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 yang digelar di Mordovia Arena, Saransk, Rusia, Selasa (19/6/2018) pukul 19:00 WIB.

Dewi Fortuna nampaknya berpihak pada Jepang di Mordovia Arena sejak menit awal. Carlos Sanchez menerima kartu merah pada menit ke-3 setelah memblok tembakan Shinji Kagawa di dalam kotak penalti.

Kolombia pun terpaksa bermain dengan 10 pemain. Jepang yang mendapat kesempatan emas berupa tembakan penalti tidak menyiakan kesempatan tersebut. Kagawa sebagai sang algojo berhasil menyarangkan gol ke gawang Kolombia yang dijaga oleh David Ospina.

Baca Juga:
Jepang Berhasil Revans Atas Kolumbia di Penyisihan Grup H

Tertinggal satu gol, Kolombia mencoba bermain menekan meski hanya bermain dengan 10 pemain. Anak asuh Jose Pekerman terus mencoba menciptakan peluang. Hingga pada menit ke-39, Juan Quintero berhasil membobol gawang Enji Kawashima melalui tendangan bebas cerdik yang dilesakkan melalui bawah kaki pagar hidup Jepang. Kolombia pun akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1.

Masuk babak kedua, Kolombia mencoba keluar dari tekanan permainan Jepang dengan memasukkan gelandang andalan mereka, James Rodriguez pada menit 59. Begitu pun dengan Jepang, pelatih Akira Nishino memasukkan Keisuke Honda menggantikan Kagawa pada menit 70.

Baca Juga:
Sukses Lesakkan Pinalti, Shinji Kagawa Jauh Lebih Baik dari Messi

Sumber foto: Instagram

Rupanya strategi dari pelatih Jepang ini berhasil merubah kedudukan. Pada menit 73 Jepang berhasil membalikkan keadaan menjadi 1-2 setelah Yuya Osako menyarangkan gol lewat tandukannya dengan memanfaatkan umpan Honda dari sepak pojok.

Kolombia yang tertinggal berusaha membalas di sisa-sisa waktu pertandingan, tetapi pertahanan kuat Jepang tak bisa diruntuhkan oleh pemain Kolombia.

Baca Juga:
Babak Pertama Kolombia vs Jepang Diwarnai Kartu Merah Tercepat

Alhasil hingga peluit panjang wasit dibunyikan, Kolombia harus mengakui keunggulan dari tim yang berjuluk Samurai Biru itu.

Dari laga seru antara Kolombia dan Jepang itu pun menyisakan catatan-catatan menarik. Berikut Bolatimes berhasil merangkumnya.

1. Kartu merah Carlos Sanchez pada 2 menit 56 detik sejak berlangsungnya pertandingan menjadi kartu tercepat kedua yang dikeluarkan wasit dalam sejarah Piala Dunia setalah Jose Alberto Batista pada pertandingan Uruguay vs Skotlandia pada tahun 1986 (54 detik berjalannya pertandingan)

Baca Juga:
Gempa Goyang Osaka Menjelang Jepang Hadapi Kolombia

2. Juan Quintero adalah pemain pertama Kolombia yang mencetek gol di dua turnamen Piala Dunia yang berbeda, yanki Piala Dunia 2014 dan 2018.

3. Keisuke Honda tercatat terlibat dalam enam dari delapan gol terakhir Jepang di Piala Dunia (3 gol dan 3 assist).

4. Keisuke Honda menjadi pemain pertama dari Asia yang memberikan assist dalam tiga turnamen Piala Dunia yang berbeda sejak 1966.

5. Jepang telah menjadi tim Asia pertama yang mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia.

6. Ini adalah pertama kalinya sebanyak empat negara Amerika Selatan gagal memenangkan pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia sejak 1974.

 

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Load More