Galih Priatmojo
championsleague/Instagram

Bolatimes.com - Hampir semua penjuru mata menyorot penampilan Mohamed Salah dan Cristiano Ronaldo jelang duel final Liga Champions yang bakal berlangsung di Stadion Olimpiysky, Kiev, dini hari nanti.

Namun tanpa mengesampingkan kedua nama besar tersebut, pertarungan final dini hari nanti adalah tentang bagaimana masing-masing tim dapat memanfaatkan celah diantara barisan pertahanan lawan.

Bisa dibilang meski bukan yang utama, barisan pertahanan tetaplah bagian yang penting dalam skenario sebuah tim memeroleh kemenangan.

Trent Alexander Arnold dan Andrew Robertson merupakan dua diantara deretan pemain yang memiliki peran vital di Liverpool. Mereka bakal mengemban tugas berat dini hari nanti untuk menahan gempuran El Real yang dimotori oleh Cristiano Ronaldo.

Trent Alexander Arnold dan Robertson kemungkinan harus bermain sedikit lebih dalam daripada biasanya. Namun tetap ada kalanya para bek full-backs ini keluar lebih lebar untuk meredam serangan dari sayap.

Di sinilah komunikasi adalah kunci. Sebab jika tidak, Ronaldo dkk dipastikan bakal memberi petaka.

Bek sayap Liverpool harus memilih dengan bijak ketika mereka mendorong dirinya keluar. Dan ketika mereka melakukannya, yang lain harus datang untuk menutup lubang yang ditinggalkan. Cara ini wajib dilakukan secara konsisten untuk menjaga agar para pemain Real Madrid tetap jauh dari zona pertahanan.

Sementara itu, skuat Los Blancos kemungkinan tetap bakal menerapkan strategi bermain menyerang seperti biasa dan mempercayakan Marcelo dan Daniel Carvajal untuk menjaga area pertahanan di kiri kanan area Real Madrid.

Tapi dengan kemampuan sayap yang dimiliki Liverpool, baik sisi kiri maupun kanan pertahanan El Real bisa jadi sasaran empuk. Apalagi jika The Reds menerapkan strategi serangan balik, sebab Jurgen Klopp merupakan salah satu juru taktik yang ahli dalam hal ini.

Untuk menutup lubang tersebut Zinedine Zidane bisa menempatkan Mateo Kovacic, yang bisa bertugas untuk menyokong sekaligus melindungi area pertahanan. Tetapi itu berarti meninggalkan Luka Modric atau Toni Kroos di barisan tengah.

Jika tidak, alternatif lainnya yakni menempatkan Raphael Varane dan Sergio Ramos untuk masuk lebih dalam ke wilayah tengah pertahanan melawan Salah dan Sadio Mane.

Pada akhirnya pergerakan, komunikasi dan ruang yang mereka tinggalkan akan menjadi faktor menentukan tentang siapa yang bakal keluar sebagai juara dan berhasil merengkuh gelar Liga Champions musim ini.

Load More