Galih Priatmojo | Andiarsa Nata
VAR/twitter

Bolatimes.com - Sempat heboh karena menuai kontroversi penggunaan Video Assistant Referees (VAR) dalam pertandingan di sejumlah laga sepak bola, namun baru-baru ini telah beredar kabar bahwa VAR akan digunakan di Piala Dunia 2018 nanti menggunakan layar yang besar untuk para penonton.

VAR akan digunakan di Piala Dunia untuk pertama kalinya di Rusia, walaupun sebelumnya banyak kritikan terhadap penggunaannya dalam kompetisi domestik.

Salah satu alasan penggunaannya adalah agar para penonton dapat melihat tayangan ulang yang digunakan wasit untuk membuat keputusan yang banyak membuat kebingungan tersebut.

VAR telah diuji coba dibeberapa pertandingan piala domestik Inggris, Jerman, dan Italia musim ini. FIFA menegaskan pada bulan Maret nanti sistem ini akan digunakan di Piala Dunia yang akan mulai digelar pada bulan Juni.

 

Sumber foto: @@FourFourTweet/instagram

Sempat digunakan pada laga Tottenham Hotspur kontra Rochdale AFC, penggunan VAR dikatakan gagal dan memalukan. Penyebabnya adalah karena keputusan wasit yang telah memberikan penalti, tetapi membatalkannya setelah melihat reka ulang dari VAR.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan penggunaan VAR masih membutuhkan pengujian lebih lanjut sebelum digunakan di Liga Champions atau Piala Dunia.

"Saya memiliki beberapa ketakutan untuk Piala Dunia, dimana kita memeliki wasit yang tidak pernah memimpin pertandingan dengan VAR," ungkap Ceferin kepada Surat Kabar Italia Gazzetta dello Sport seperti yang dikutip Bolatimes.com dari BBC.

Kepala wasit FIFA dan mantan wasit Final Piala Dunia, Pierluigi Collina mengatakan.

"Sistem itu adalah untuk menghindari kesalahan yang besar dan jelas," terangnya

Penggunaan VAR ini memang sangat membantu jika penggunaannya tepat dan adanya koordinasi dengan wasit yang berada di lapangan, begitu juga sebaliknya.

Keputusan FIFA dan UEFA untuk melakukan pengujian lebih lanjut untuk penggunaan VAR memang tepat, mengingat Piala Dunia akan dilaksanakan beberapa bulan lagi.

Bolatimes.com/Andiarsa Nata

Tag

Load More