Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Bolatimes.com - Konferedasi Sepak Bola Asia (AFC) memastikan bahwa Video Assistan Referee (VAR) akan diterapkan ke seluruh pertandingan Piala Asia 2023 di Qatar.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023 via kualifikasi. Skuad Garuda sukses menjadi runner up terbaik ketike bertarung dengan Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Menariknya di Piala Asia 2023 mendatang, AFC akan menerapkan VAR secara menyeluruh di semua pertandingan dari fase grup hingga final.

Ini akan menjadi sejarah bagi Piala Asia 2023 ketika semua pertandingan menggunakan VAR. Di edisi sebelumnya teknologi itu diimplementasikan saat babak perempat final.

"Sejarah akan terciptan ketika sistem Video Assistan Referee (VAR) melakukan debut penuhnya di Qatar menyusul kesuksesan implementasinya dari babak perempat final edisi terakhir di Uni Emirat Arab," tulis pernyataan AFC di laman resminya, Kamis (14/9/2023).

Selain itu, ada juga sejarah debut untuk wasit wanita di Piala Asia 2023. Salah satunya adalah Yoshimi Yamashita dari Jepang yang sempat memimpin Piala Dunia 2022 lalu.

Nah, dengan adanya VAR maka pemain timnas Indonesia harus berhati-hati dalam pertandingan. Sebab, wasit bisa mengetahui insiden yang luput.

Bukan hanya itu, pihak Garuda nantinya juga bisa memprotes jika dirugikan oleh pemain lawan. Hadirnya VAR ini membantu wasit untuk mengambil keputusan yang lebih jeli.

VAR sendiri memang sudah lazim dipakai dalam pertandingan sepak bola dunia. Kompetisi elite Eropa hingga Piala Dunia 2022 lalu juga telah memakai teknologi tersebut.

Adapun timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023. Anak asuh Shin Tae-yong bakal bertarung melawan Jepang, Irak, dan Vietnam.

Load More