Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi
Kolase wasit Micahel Oliver (Sumber: Twitter/@UlimwenguSoka)

Bolatimes.com - Usai tersingkirnya Juventus dari Liga Champions 2018, nama Michael Oliver terus menjadi perbincangan.

Keputusannya saat memberikan penalti kepada Real Madrid pada detik-detik akhir membuat kiper Juventus, Gianluigi Buffon murka.

Ia pun tak segan mengusir Buffon dari lapangan saat dirasa ada protes berlebih dari pelatih 40 tahun itu.

Baca Juga:
Berikut Rekor yang Dipecahkan Ronaldo Dalam Satu Malam

Meski Buffon bersikeras terkait hukuman penalti tetap tak bisa diubah.

Alhasil Juventus yang sempat membuka asa untuk lolos ke babak semifinal Liga Champions dengan mencetak tiga gol, langsung pupus oleh gol Cristiano Ronaldo melalui titik putih di menit akhir.

Baca Juga:
Polemik Rebutan Gol Harry Kane dan Kekagetan Mohamed Salah

Lantas siapa sih Michael Oliver itu?

Oliver merupakan wasit berkebangsan Inggris yang genap berusia 33 tahun pada 20 Februari lalu.

Ia lahir dari keluarga wasit sepak bola. Ayahnya yang bernama Clive dulunya juga seorang wasit, ia sudah dikenalkan pada dunia perwasitan kala usianya masih menginjak 14 tahun.

Baca Juga:
Erik Pamer Supercar Terbaru Jelang Stoke City Melawat ke West Ham

Kariernya berkembang cepat. Oliver sudah promosi sebagai wasit nasional saat usianya 22 tahun. Bahkan, ia telah memimpin laga final play-off konferensi nasional antara Morecambe kontra Exer City di Stadion Wembley, 20 Mei 2007.

Pria kelahiran Northumberland ini menjadi wasit termuda yang bertugas di Stadion semegah Wembley dengan 30.000 ribu pasang mata saat itu.

Tiga tahun berselang, ia naik strata ke kasta tertinggi sepak bola Inggris atau Premier League.

Baca Juga:
Pep Guardiola Ingin Dapatkan Jasa Pemain Brazil Ini

Oliver ditetapkan untuk menjadi wasit termuda di Liga Premier ketika ia ditunjuk untuk memimpin laga antara Fulham dan Portsmouth pada Januari 2010.

Namun, cuaca yang buruk mengakibatkan dia harus menunda pertandingan. Pada waktu yang bersamaan, ia harus operasi pergelangan kaki, Lalu ia baru kembali empat bulan kemudian.

Pada bulan Agustus 2010, ia akhirnya memimpin laga resminya di Premier League di laga Birmingham City versus Blackburn Rovers. Oliver berusia 25 tahun dan 182 hari, memecahkan rekor Stuart Attwell sebagai wasit Premier League termuda.

Lalu kariernya terus beranjak naik. Oliver mendapat predikat wasit FIFA pada 2012, hal itu berarti ia mulai bisa memimpin pertandingan internasional.

Selain berbagai prestasi di ranah Inggris seperti wasit termuda laga semifinal Piala FA 2013, Oliver memulai petualangan di Liga Champions pada musim 2016/2017.

Kala itu, ia memimpin tiga laga penyisihan grup di Liga Champions Eropa, yang pertama adalah Sporting CP melawan Legia Warsaw pada September 2016.

Sepanjang karier Oliver sebagai pengadil lapangan, wasit penuh prestasi itu telah memimpin 423 pertandingan, meliputi 198 laga Premier League, 12 laga Liga Champions, 10 laga uji coba internasional.

Soal kartu, 1314 kartu kuning dan 35 kartu merah telah ia keluarkan dari kedua tangannya.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More