Husna Rahmayunita
Logo PON Papua 2021. (Dok. Kemenlu)

Bolatimes.com - Gelaran PON PAPUA XX 2021 akan dibuka hari ini, Kamis (2/10/2021). Tak main-maian venue ajang olahraga bergengsi ini juga menarik perhatian.

Setidaknya ada tujuh venue PON PAPUA XX 2021 yang dilengkapi teknologi canggih. Tak hanya itu, ada juga venue eksotis yang menampilkan keindahan alam Papua.

Direktur Prasarana Strategis Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menuturkan pembangunan tujuh venue menghabiskan biaya Rp 1,5 triliun.

Baca Juga:
Heboh, Kaesang Pangarep Berniat Beli Stadion Manahan untuk Persis Solo

"Investasi pemerintah dari APBN untuk pembangunan tujuh venue total Rp 1,5 triliun, terdiri Rp 1 triliun untuk fisik venue, Rp 200 miliar penataan kawasan serta Rp300 miliar untuk rumah susun," ujarnya, Sabtu (2/10/2021).

Menurut Iwan pembangunan tujuh venue lebih efisien dari pengajuan Pemerintah Provinsi Papua sebesar Rp1,7 triliun untuk empat venue.

"Kami sesuaikan budgetnya, bukan jadi murah sehingga tidak memenuhi syarat, Dengan efisiensi biaya, kami tetap penuhi standar," katanya.

Baca Juga:
Marco Gracia Paulo Minta Maaf, Tegaskan PSS Sleman Tak Pindah Homebase

Adapun tujuh venue tersebut di antaranya Istora Papua Bangkit di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, venue akuatik dan panahan di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Lalu venue kriket dan hoki di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, venue sepatu roda di Bumi Perkemahan Waena, Kota Jayapura, serta venue dayung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Iwan mengatakan pembangunan venue mengacu pada standar kebutuhan olahraga yang dibuktikan oleh sertifikasi internasional dari masing-masing organisasi cabang olahraga serta mengacu pada persyaratan teknis pembangunan gedung.

Baca Juga:
Link Live Streaming Bali United vs Tira Persikabo, Lanjutkan Tren 3 Poin

Contohnya seperti Istora Papua Bangkit yang menggunakan konstruksi berteknologi tinggi pengendali udara tekstil ducting sehingga memungkinkan pertandingan yang sensitif terhadap angin tidak akan terganggu.

Proses pembangunan venue dikatakan Iwan juga memanfaatkan aspek alam Papua yang eksotis seperti yang kini ada di venue dayung dan akuatik.

"Karena ini dibangun di Papua kita berharap alam Papua yang eksotis jadi salah satu hal yang kita manfaatkan. Penonton di venue dayung bisa asik menonton lomba di Teluk Youtefa," katanya.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar, Hentikan Hasil Imbang

Iwan melanjutkan, pada venue akuatik [PON XX Papua 2021, penonton di tribun juga disajikan pemandangan pegunungan Cycloop yang indah.

"Pemeliharaan juga sudah kami pertimbangan dengan menerapkan bangunan ramah lingkungan sehingga beban pengelolaan gedung tidak membebani keuangan daerah," pungkasnya, demikina dilaporkan Antara.

Load More