Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Gianluigi Buffon (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Legenda hidup Italia, Gianluigi Buffon telah resmi menjadi penggawa klub Ligue 1 Prancis, Paris Saint-Germain (PSG). Tentang kehidupan barunya, ia menilai lebih enak dibandingkan di Italia.

Buffon mengatakan jika tekanan di Prancis tak sebesar di Italia. Hal tersebut membuat dirinya lebih santai, terlebih rekan-rekannya memiliki selara humor yang bagus untuk membuat suasana tidak tegang.

''Kalau sebahagia dan seantusias ini sekarang, saya berutang kepada teman-teman setim baru saya dan atmosfer di ruang ganti. Ada banyak humor yang bagus. Lebih sedikit stres di sini daripada di Italia, ini baru buat saya,'' ujar Buffon kepada France Football.

Baca Juga:
Ganti Nomor Punggung, Dani Alves Punya Tujuan Mulia

Ia pun turut membandingkan suasana tersebut ketika berada di Juventus. Di skuat Kota Turin, ia menilai terkadang para pemain bersikap berlebihan dan terlalu terobsesi dengan sepak bola. Latihan pun juga lebih tegang di Juventus dibanding PSG.

buffon/twitter

''Di Italia kami kadang terlalu berlebihan dalam beberapa hal tertentu dan sedikit terlalu terobsesi dengan sepak bola. Pendekatan ke pertandingan dan latihan, sebagai contoh, tidak sama di sini. Lebih tenang, santai, dan gembira,'' kata eks kiper Juventus itu.

''Di rumah dan bukan cuma di Juve, di mana tuntutan dan mentalnya unik, jauh lebih stres. Bahkan ketika Anda bermain melawan tim yang lebih lemah, persiapannya kadang melelahkan,'' tutup pemain 40 tahun tersebut.

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Raih Penghargaan Gol Terbaik Eropa 2017/2018

Sebagai pemain profesional, merantu menjadi pengalaman pertama bagi Buffon. Sebelumnya ia hanya bermain di klub Italia, semula di Parma dan menghabiskan waktu selama 17 tahun bersama Juventus.

Load More