Pipin Lukmanul Hakim
Usai dihajar Jepang, pelatih Shin Tae-yong sebut pemain timnas Indonesia masih butuh pelajaran dan pengalaman untuk mempertajam lini serang. (PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menilai skuad Garuda masih butuh banyak pengalaman untuk memiliki kemampuan serangan yang lebih baik lagi.

Hal tersebut, ia sampaikan usai melihat hasil minor saat menghadapi Jepang, yang tampak kesulitan memberikan serangan balasan.

Alhasil, pertandingan Jepang vs Indonesia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar harus berakhir dengan skor 3-1, pada Rabu, (24/1/2024).

Baca Juga:
Shin Tae-yong Beri Waktu Istirahat Pemain Timnas Indonesia usai Dihajar Jepang

"Mereka masih belajar dan butuh banyak pengalaman. Kami harus perbaiki kekurangannya dan berkembang lagi," kata Shin Tae-yong.

Dalam laga matchday 3 di Grup D itu, skuad Garuda hanya memiliki persentase penguasaan bola 28,8 persen. Sedangkan, tim Samurai Biru lebih unggul 71,2 persen.

Begitu juga dengan jumlah tendangan ke gawang pun terpaut jauh, dengan Jepang mencapai 14 tendangan, sedangkan Indonesia hanya tiga tendangan.

Baca Juga:
Persib Dinilai Sudah Punya Pengganti Frets dan Febri Hariyadi

"Dari sisi serangan tim Jepang punya striker yang bagus. Mereka bisa melakukannya dengan baik. Meski sudah menguasai bola, mereka bisa merebut dan melakukan serangan yang presisi," katanya.

Saat disinggung soal evaluasi timnas usai memainkan tiga pertandingan penyisihan Grup D Piala Asia, Shin Tae-yong menegaskan, pertandingan lawan Vietnam adalah yang terbaik.

"Tentu saya sangat puas dengan performa mereka saat melawan Vietnam. Pertandingan itu yang membuat saya paling bahagia," kata Shin.

Baca Juga:
Ini Alasan Timnas Indonesia Tidak Dapat Hadiah Penalti saat Pemain Jepang Menghalangi Witan Sulaeman

Setelah menyelesaikan penyisihan grup dengan tiga pertandingan, selanjutnya skuad Garuda akan fokus ke pemulihan fisik pemain.

Selagi pemulihan, timnas juga akan menunggu hasil laga tim dari grup lain untuk menentukan lolos tidaknya ke putaran babak 16 besar Piala Asia.

"Lolos atau tidak, normalnya memang dilakukan pemulihan. Jadi besok akan istirahat. Tentu segalanya bisa terjadi, saya tidak bisa mengatakan apapun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," kata Shin.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Kalah, Apa Masih Ada Harapan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023?

Load More