Pipin Lukmanul Hakim
Pelatih Shin Tae-yong memberikan waktu untuk istirahat kepada para pemain timnas Indonesia usai menelan kekalahan 1-3 dari Jepang pada laga penutup Grup D Piala Asia. (PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memutuskan untuk mengistirahatkan anak asuhnya usai bertanding melawan Jepang.

Pada pertandingan Jepang vs Indonesia di Stadion Al Thumama, tim Garuda menderita kekalahan 3-1 di laga penutup Grup D tersebut.

"Besok kami akan istirahat, dan akan melihat hasil dari pertandingan di grup lain," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Persib Dinilai Sudah Punya Pengganti Frets dan Febri Hariyadi

Dengan mengoleksi kemenangan tunggal, dan dua kali kalah pada penyisihan Grup D, maka Indonesia tinggal menunggu hasil pertandingan terakhir lainnya untuk melihat posisi pada klasemen akhir.

Sebanyak empat tim yang menjadi peringkat ketiga terbaik berhak lolos ke fase babak 16 besar Piala Asia.

Sebelumnya, Indonesia berada di peringkat kedua. Tetapi, hari ini posisinya bergeser di posisi keempat usai terjadi dinamika dari pertandingan di grup lain.

Baca Juga:
Ini Alasan Timnas Indonesia Tidak Dapat Hadiah Penalti saat Pemain Jepang Menghalangi Witan Sulaeman

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengungkapkan, bahwa lolos atau tidaknya tim Merah Putih, ia terbiasa mengkondisikan para pemainnya untuk pemulihan usai pertandingan.

"Lolos atau tidak, normalnya memang pemulihan, jadi besok akan istirahat. Tentu segalanya bisa terjadi, saya tidak bisa mengatakan apapun untuk besok seperti apa. Saya enggan berkomentar," kata Shin.

Para pemain akan dibiarkan untuk beristirahat atau bisa menonton pertandingan tim lain jika menginginkannya.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Kalah, Apa Masih Ada Harapan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023?

Namun, Shin Tae-yong tidak memberikan arahan khusus untuk nonton bareng laga lainnya. Ia khawatir hal tersebut justru bisa menurunkan mental pemain, dan membuat stres.

Jika dipastikan Indonesia melaju ke babak 16 besar, Shin Tae-yong akan mengatur strategi dan menyiapkan fisik pemain untuk penampilan selanjutnya.

"Saya ingin memberikan mereka (waktu) bersantai tanpa stres, dan saya akan biarkan mereka untuk menonton saja sendiri," ucap Shin.

Baca Juga:
Ada 2 Striker Nganggur, Shin Tae-yong Pilih Eksperimen Pasang Elkan Baggott Jadi Striker

Load More