Rifqu Khanif
Shin Tae-yong berfoto bersama Bagas Kaffa dan Pratama Arhan, pelatih Timnas Indonesia tuai kritikan.(Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dihimbau oleh Pengamat Sepak Bola bernama Bung Ropan, agar tidak melakukan blunder lagi.

Sebelumnya, Shin Tae-yong dinilai mengambil keputusan yang kurang tepat, dengan memanggil pemain tidak bugar ke Timnas Indonesia.

Memang, dari rekapan pemanggilan pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pernah beberapa kali memilih punggawa yang sebetulnya tidak dalam kondisi prima.

Baca Juga:
Eks Persib Frets Butuan Dikontrak 3 Tahun oleh Malut United

Sebagai contoh, pada Mei 2022, Shi n Tae-yong cukup berani memanggil Evan Dimas dari Arema FC, padahal kondisi sang pemain sedang cedera.

Kemudian, beberapa waktu lalu ketika Timnas Indonesia melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama melawan Brunei Darussalam, Shin memanggil Marselino Ferdinan yang sedang cedera. Bahkan, usai dipanggil Timnas, tim KMSK Deinze atau klub bernaung Marselino, mengatakan pemain muda asal Indonesia tersebut semakin parah cederanya.

Dan baru-baru ini terjadi lagi, ketika terbang ke Basra International Stadium dan Rizal Memorial Stadium, Shin memanggil Egy Maulana Vikri, padahal pemain asal Dewa United dinyatakan kurang fit.

Baca Juga:
Jelang Persib vs PSM, Stefano Beltrame Umbar Janji, Bobotoh Diminta Tidak Langsung Menghujat

Menilik dari pengalaman yang sudah-sudah, Bung Ropan memberi saran ke Shin agar memperhatikan betul kondisi pemain pilihannya, jika kurang fit maka tidak perlu dipanggil, dikutip dari kanal YouTube Sportify Indonesia, Sabtu, (2/12).

"Ini kan juga yang harus dilihat dari STY, jangan pemain yang tidak bugar misalnya, pemain yang bermasalah itu tetap dipanggil, dipaksakan bermain. Suatu hal yang salah, seperti contoh Sandy, dia terakhir bermain dengan Mechelen dia mengalami sedikit masalah, sehingga tidak dimainkan lawan Irak," ungkapnya.

"Nah, ini yang harus dilihat, jangan memaksakan (memanggil) pemain yang tidak bugar ke dalam tim," pungkas Ropan.

Baca Juga:
Persib vs PSM: Marc Klok dkk Sedikit Diuntungkan

Load More