Rauhanda Riyantama
Pemain KMSK Deinze Marselino Ferdinan saat ngegym. (Instagram/@kmskdeinze)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Indonesia yang kini tengah berkarier di kasta kedua Liga Belanda bersama KMSK Deinze, Marselino Ferdinan, tak perlu ambil pusing soal rumor ketertarikan klub Liga Spanyol, Real Sociedad.

Sebab, Marselino Ferdinan dinilai tak perlu mempertimbangkan rumor yang menyebutkan bahwa Real Sociedad berminat untuk merekrutnya. Dia disarankan lebih baik fokus melanjutkan kariernya bersama KMSK Deinze.

Sebab, kalaupun Real Sociedad benar-benar berminat untuk merekrutnya, ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan pemain berusia 18 tahun itu untuk menolaknya dan fokus melanjutkan adaptasinya di Liga Belgia.

Baca Juga:
Timnas Lebanon Umumkan Skuat untuk Hadapi Thailand di FIFA Matchday, Dua dari Liga 1

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Marselino Ferdinan tak perlu bergabung dengan Real Sociedad.

1. Belum Banyak Pengalaman

Marselino Ferdinan masih membutuhkan banyak pengalaman di Eropa sebelum bergabung dengan Real Sociedad. Bersama KMSK Deinze, menit bermainnya memang belum terlalu maksimal.

Baca Juga:
Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Beri Respons Begini

Pasalnya, sejak bergabung bersama KMSK Deinze pada awal tahun lalu, Marselino Ferdinan baru mencatatkan empat kali penampilan di fase play-off degradasi kasta kedua Liga Belanda pada musim 2022/2023.

Sedangkan pada musim ini, pemain berusia 18 tahun itu masih harus berjuang menyembuhkan cedera. Oleh karena itu, dia belum mendapatkan kesempatan bermain di kompetisi resmi musim ini.

2. Masih Harus Bersabar

Baca Juga:
Elkan Baggott Alami Cedera usai Antar Ipswich Town Kalahkan Reading, Absen di Kualifikasi Piala Asia U-23?

Marselino Ferdinan tampaknya harus lebih bersabar untuk bisa melanjutkan kariernya di Liga Spanyol bersama Real Sociedad. Minimnya menit bermain di Eropa menjadi salah satu alasannya.

Saat ini, fokus utama yang perlu diperhatikan mantan pemain Persebaya Surabaya itu ialah mendapatkan jam terbang sebanyak mungkin di kasta kedua Liga Belgia. Ini menjadi bekal berharga untuk karier selanjutnya.

Sebab, jika performa Marselino masih berada jauh di bawah standar La Liga, dia hanya akan menjadi penghangat bangku cadangan. Oleh karena itu, Lino harus bersabar terlebih dahulu untuk fokus mengembangkan bakatnya di Liga Belgia.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Wajib Waspada, Turkmenistan Lakukan Persiapan Serius Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

3. Harus Kembali Beradaptasi

Saat ini, Marselino Ferdinan memang masih berada dalam fase beradaptasi dengan lingkungan barunya. Meski sudah bergabung sejak Januari 2023, dia masih harus terus beradaptasi, terutama soal bahasa dan iklim.

Jika Marselino tiba-tiba bergabung dengan Real Sociedad, maka dia terpaksa harus kembali beradaptasi dengan lingkungan baru. Secara iklim memang tak jauh berbeda, tetapi faktor bahasa akan kembali menjadi kendala.

Sebab, gelandang Timnas Indonesia ini harus belajar bahasa Spanyol. Di Belgia, dia memang harus belajar bahasa setempat untuk bisa berkomunikasi dengan rekan setimnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More