Rauhanda Riyantama
Sejumlah pemain Timnas Indonesia berfoto bersama sebelum menghadapi Timnas Argentina dalam laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia memiliki sepak terjang cukup mentereng di kancah Piala Dunia, sebagai satu-satunya tim Asia Tenggara yang pernah tampil di putaran final.

Kali pertama Timnas Indonesia berpartisipasi di Piala Dunia terjadi pada tahun 1938, saat itu masih dengan nama Hindia Belanda.

Memulai perjuangan di babak kualifikasi, satu grup dengan Jepang sebelum memutuskan mundur dan membuat Indonesia melaju ke putaran final.

Baca Juga:
Main Impresif Saat Ipswich Town Kalahkan RB Leipzig, Elkan Baggott Dapat Pujian Selangit dari Pelatih

Sayangnya langkah skuad Garuda terhenti di babak pertama Piala Dunia 1938, enam gol tanpa balas kekalahan dari Hongaria.

Setelah itu Timnas Indonesia nyaris tampil kedua kalinya di Piala Dunia 1958, namun mundur di babak kedua kualifikasi karena Israel.

Skuad Garuda memilih mundur dari babak kualifikasi setelah berada satu grup dengan Israel, sempat diminta menggelar laga di tempat netral.

Baca Juga:
Elkan Baggott Main Penuh, Ipswich Town Kalahkan Raksasa Jerman RB Leipzig

Namun karena Indonesia tidak mengakui kedaulatan Israel sehingga permintaan laga di tempat netral ditolak FIFA.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2014, Timnas Indonesia dengan meyakinkan melaju ke babak ketiga usai melibas Turkmenistan 5-4.

Timnas Indonesia setelahnya tergabung dalam Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2014, bersama Iran, Qatar dan Bahrain.

Baca Juga:
Pelatih Vietnam Ungkap Keuntungan Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2026 Mirip dengan Piala Asia 2023, Optimis Lolos?

Perih dan malu, skuad Garuda menjadi bulan-bulanan tim lawan dengan tiga kekalahan dan kebobolan sebanyak 26 kali.

Termasuk ketika dibantai Bahrain dengan skor 0-10, sebelum hal yang sama dirasakan Indonesia di partisipasi terakhir kualifikasi Piala Dunia.

Tergabung di Grup G bersama Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Malaysia dan Thailand, skuad Garuda pun kembali menelan pil pahit.

Baca Juga:
Profil Timnas Voli Putra Jepang, Lawan Tangguh Indonesia di Asian Games 2022

Kini kesempatan baru dimiliki Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, meskipun harus memulai dari putaran pertama.

Anak asuh Shin Tae-yong akan lebih dulu melawan Brunei Darussalam dalam dua leg, kemenangan di partai ini membawa ke putaran kedua.

Timnas Indonesia pun sudah dinanti Irak, Vietnam dan Filipina di Grup F Kualifikasi Putaran Kedua Piala Dunia 2026.

Kontributor: Eko
Load More